JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Terungkap! Sejumlah Ruas Jalan di Karanganyar Gelap Karena Banyak Travo Lampu Penerangan Umum Jalan  Hilang Dicuri Maling

Sejumlah ruas jalan di Karanganyar gelap gulita seperti ini, ternyata karena sejumlah travo dicuri maling / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Terungkap sudah kegelapan yang terjadi di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Karanganyar, Jateng.

Ternyata  karena puluhan perlengkapan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) berupa travo dicuri orang.

Bahkan pencurinya nekat mencuri travo di depan Halaman Kantor Sekretaris Daerah (Setda) yang nota bene tidak pernah sepi karena berada dikomrk alun-alun.

Tak pelak kondisi pencurian travo tersebut menjadi keprihatinan Bupati Karanganyar Juliyatmono MM karena berdampak gelapnya sejumlah ruas jalan  di Karanganyar.

“Saya prihatin mendapat laporan dari Dinas Perhubungan (Dishub) tentang pencurian travo itu dan sudah saya minta untuk segera dipasang kembali demi penerangan untuk masyarakat,” ungkap Bupati Juliyatmono MM disela Rapat Paripurna dengan DPRD Karanganyar, Rabu (7/9/2022).

Menurut Bupati, kejadian itu sebenarnya sungguh memalukan karena tergolong nekad dan butuh keahlian dalam mencuri peralatan tersebut sebab jika tidak berhati-hati bisa kesetrum.

Baca Juga :  UNS Kirimkan 15 Orang  Relawan Dokter Spesialis Tulang dan Bedah Serta Tim Medis dan Resque ke Cianjur

Untuk itu Bupati meminta kepada pencuri agar segera bertobat karena travo itu merupakan sarana penerangan umum bagi masyarakat sehingga dengan mencuri travo tersebut sama dengan menghambat kepentingan masyarakat.

Apalagi saat ini pasca pandemi Covid 19, Pemkab Karanganyar bangkit lebih cepat dan melakukan berbagai pembangunan fisik termasuk pengaspalan jalan yang rusak.

“Kami minta Dishub segera menginventarisasi berapa  banyak travo yang hilang dan segera dipasang kembali,” tandas Bupati.

Sementara itu Kepala Dishub Pemkab Karanganyar, Sri Suboko MSi mengatakan pantauan hingga Selasa (6/9/2022) travo yang hilang tersebut terjadi pada tiga ruas jalan raya.

Yakni jalan Solo – Tawangmangu tepatnya mulai kawasan RS Jati Husada kebarat hingga Jembatan Jurug, Koramil Tasikmadu sampai Nangsri Kebakramat dan kawasan  Bejen ke utara melewati ringroad.

Baca Juga :  Sengketa Tanah Libatkan Perusahaan Raksasa Asal Solo dan Sukoharjo di Delingan Karanganyar, Warga Meradang Kehilangan Pendapatan

“Sudah kami inventarisasi jumlah travo yang hilang dan saat ini sedang dilakukan upaya perbaikan teknis agar bisa menyala kembali,” ungkap Kepala Dishub Pemkab Karanganyar, Sri Suboko MSi kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Adapun langkah pertama lanjut Sri Suboko MSi dilakukan perbaikan terlebih dulu. Setelah itu jika kembali terjadi pencurian maka Dishub Pemkab Karanganyar akan membawa kasus ke ranah hukum.

“Sesuai arahan Bapak Bupati saat ini masih ditoleransi karena berbagai pertimbangan humanis, namun jika yang kedua masih nekad dicuri maka nanti Alat Penegak Hukum (APH) yang turun tangan,” pungkas Sri Suboko MSi.

Pasalnya risiko terhadap kegelapan jalan sangat besar diantaranya berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas. Beni Indra

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com