JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Tips Mencegah Kerontokan Rambut Agar Tak Botak

Ilustrasi rambut sehat. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang sering dialami banyak orang. Kerontokan dan pertumbuhan rambut merupakan siklut hidup yang dilewati rambut.

Tetapi jika rambut rontok sedara berlebihan bisa menyebabkan kebotakan, yang akan mempengaruhi penampilan. Rambut disebut juga sebagai mahkota kepala, maka rambut harus selalu dijaga agar tetap sehat.

Melansir Healthline, hal yang umum bagi orang untuk kehilangan sekitar 100 helai rambut sehari. Tetepi, jika mengalami kerontokan yang lebih tiba-tiba atau penipisan secara keseluruhan, mungkin perlu menemui dokter.

Beberapa shedding bersifat sementara dan mungkin merespon dengan baik terhadap perubahan pola makan, perawatan tertentu, atau perubahan gaya hidup. Namun, kerontokan rambut lainnya mungkin lebih permanen atau tidak berhenti sampai kondisi yang mendasarinya diobati.

Sekitar 50 persen laki-laki dan 15 persen wanita mengalami kerontokan rambut karena kondisi keturunan seperti androgenic alopecia (pola kebotakan pria dan wanita).

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Cara terbaik untuk memperlambat atau menghentikan kerontokan rambut adalah dengan mengatasi penyebab yang mendasarinya. Terkadang, kerontokan rambut bersifat sementara. Ini dapat disebabkan oleh persalinan, pembedahan, atau stresor utama lainnya. Berikut beberapa tips untuk mengatasi kebotakan akibat kerontokan:

1. Makan Protein Ekstra

Dikutip dari Medical News Today, beberapa orang yang mengalami kerontokan rambut memiliki asupan protein dan asam amino yang rendah. Karena itu, perlu untuk memeriksa apakah kekurangan nutrisi berhubungan dengan kerontokan rambut.

2. Suplemen dan Obat-Obatan

Beberapa suplemen dan perawatan dapat membantu mencegah atau mengurangi kerontokan rambut. Carilah suplemen yang memiliki manfaat untuk kesuburan rambut.

3. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat membantu mencegah kerontokan rambut dan mengatasi rambut rusak karena kerusakan sinar ultraviolet atau kebiasaan perawatan. Mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala dapat memperkuat rambut dan menghindari kerontokan akibat kerusakan.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

4. Mengkonsumsi Suplemen Multivitamin

Kekurangan vitamin dapat menjadi faktor risiko kebotakan karena kerontokan rambut. Beberapa vitamin dan mineral dapat membantu mengatasinya. Konsumsi makanan yang mengandung selenium, vitamin B, seng, vitamin D, zat besi, vitamin A, vitamin C, vitamin E untuk memperkuat rambut.

5. Melindungi Rambut saat Tidur

Sarung bantal sutra atau satin dapat membantu mencegah kerusakan rambut yang disebabkan oleh gesekan, kekusutan, dan tarikan. Tidur dengan rambut basah dapat melemahkan helaian rambut dan dapat menyebabkan kerusakan. Saat rambut basah, mereka dalam keadaan rentan dan mudah patah.

6. Lakukan Diet Mediterania

Melakukan diet mediterania dapat mencegah kebotakan. Diet mediterania adalah cara makan yang menekankan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Itu termasuk mengonsumsi makanan dan daging lebih sedikit.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com