JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha, Mahasiswa KKN 36 UNS Latih Remaja Jagalan Bikin Ecoresin Berbahan Daun Kering

Mahasiswa KKN Kelompok 36 UNS  berfoto bersama para peserta pelatihan pembuatan Ecoresin di Kelurahan Jagalan / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mahasiswa KKN Tematik Integratif kelompok 36 UNS Surakarta menggelar kegiatan Ecoresin bersama anak-anak RT 05/ RW 05 Jagalan, Jebres, Solo di Gedung PGRI RW 05 Jagalan, pada Minggu (14/8/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 20 anak, mengikuti dengan antusias. Mereka merasakan asyik membuat bunga kering yang biasanya tak berguna, ternyata bisa disulap menjadi gantungan kunci yang cantik.

Ketua penyelenggara kegiatan Ecoresin, Nadia Junaedi mengungkapkan, kegiatan itu bertujuan untuk memberikan salah satu solusi  dalam meningkatkan ekonomi dan keterampilan usaha.

Inilah contoh  gantungan kunci cantik hasil karya peserta pelatihan Ecoresin di bawah bimbingan mahasiswa KKN Kelompok 36 UNS / Istimewa

Nadia mengakui, kegiatan Ecoresin itu memang membutuhkan kesabaran dan kreativitas seni dalam proses pembuatannya. Karenanya, gantungan kunci Ecoresin memiliki harga jual yang lebih tinggi dibanding gantungan kunci lainnya.

Lebih lanjut dia menuturkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu kontribusi mahasiswa KKN kelompok 36 KKN UNS dalam membangun mindset kewirausahaan di masyarakat RW 05 Kelurahan Jagalan.

Baca Juga :  SMKN 2 Ponorogo Salurkan 3,2 Ton Zakat Fitrah

“Pengetahuan kewirausahaan adalah salah satu hal yang penting bagi kalangan muda mudi. Maka sesuai tema KKN kami yaitu kemiskinan, kami berharap pelatihan pembuatan ecoresin ini bisa memberikan manfaat pengetahuan serta mindset yang dapat membangun jiwa-jiwa kewirausahaan para pemuda di wilayah RW 05 Jagalan ini,” ungkap Nadia.

Harapan Nadia dan rekan-rekannya rupanya terwujudkan, karena beberapa hari kemudian, mereka mendapat laporan bahwa sebagian remaja yang mengikuti pelatihan tersebut, berhasil membuat Ecoresin dan menjualnya ke anak-anak SD dengan harga antara Rp 10.000 – Rp 15.000.

Ilham, salah satu remaja karang taruna RW 05 Jagalan mengaku sudah mencoba lagi membuat gantungan kunci dari bahan-bahan sisa pelatihan sebelumnya.

Baca Juga :  Wujudkan Sewurejo sebagai Icon Desa Penghasil Kopi Robusta, Mahasiswa KKN 115 UNS Gelar Penyuluhan dan Tanam 200 Bibit Kopi

“Kemudian besoknya saya jual ke anak-anak SD, dan ternyata bisa laku sekitar Rp 15.000 – Rp 20.000, Kak,” tuturnya.

Nadia dan rekan satu tim merasa gembira bahwa pelatihan yang mereka lakukan tidak sia-sia. Ia berharap semangat dan wawasan tersebut ditularkan kepada remaja di RW 05 Jagalan lainnya.

“Kegiatan ecoresin ini berguna untuk mengisi waktu luang remaja sepulang sekolah atau di hari libur,” ujar Nadia.

Untuk diketahui, mahasiswa KKN kelompok 36 UNS terdiri dari 10 orang personel yang masing-masing adalah  Gifta Silvia Agustine, Gabriella Nara Nadya Atas Asih, Nadia Junaedi, Ade Yurika Isti Megawati, Adis Eva Martini.

Selanjutnya adalah Meliya Nesa Anggraeni, Legowo Bayu Setya Aji, Salma Fauzia Wardani, Anky Putri Erda Erlineta dan  Alta Dzaky Adyata. Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com