JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Wajib Tahu, Segini Jumlah Bidang Tanah yang Bersertifikat Melalui Program PTSL Sejak 2017 Lalu

Sertifikat tanah
Kepala ATR BPN Wonogiri Heru Muljanto (tengah). Joglosemarnews.com/Aris Arianto

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM
Wajib tahu, ini jumlah bidang tanah yang bersertifikat melalui program PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap) sejak 2017 lalu.

Informasi yang dihimpun dari kantor ATR BPN Wonogiri, ada puluhan ribu jumlah bidang tanah di Wonogiri kini sudah bersertifikat dengan adanya program PTSL. Jumlah itu diklaim rampung selama enam tahun.

Jumlah bidang tanah yang tersertifikasi melalui PTSL selama enam tahun sejak 2017 di Wonogiri sebanyak 79.684 bidang tanah.

Kepala ATR BPN Wonogiri Heru Muljanto, merinci jumlah bidang tanah yang tersertifikasi melalui PTSL.

Tahun 2017 lalu, pihaknya menyelesaikan PTSL untuk 9.750 bidang tanah. Selanjutnya tahun 2018 menyelesaikan 24.070 bidang tanah. Disusul tahun 2019 menyelesaikan 19.904 bidang tanah, tahun 2020 menyelesaikan 7.825 bidang tanah, tahun 2021 menyelesaikan 15.000 bidang tanah dan tahun 2022 menyelesaikan 3.135 bidang tanah.

Baca Juga :  Terungkap Pentingnya Skrining Ulang Baduta Stunted, Ternyata Belum Pasti Stunting loh

“Sudah clear, tinggal nunggu insfruksi penyerahan,” jelas Kepala ATR BPN Wonogiri Heru Muljanto, Senin (26/9/2022).

Di sisi lain, kantor ATR BPN Wonogiri telah mencanangkan Zona Integritas. Pihaknya juga bertekad untuk meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

Beberapa upaya telah dilakukan untuk meraih predikat WBK. Antara lain melakukan pembenahan internal, memperbaiki pelayanan dan membuat inovasi aplikasi Sego Tiwul (Selangkah Go Online Teknologi Informasi Wonogiri Unggul).

Kepala ATR BPN Wonogiri Heru Muljanto mengatakan pendaftaran seluruh pelayanan bisa menggunakan aplikasi tersebut. Aplikasi Sego Tiwul bisa mengurangi tatap muka dengan petugas.

Baca Juga :  Ini Dia Daftar Kabupaten di Jateng Berpotensi Hujan Lebat Menurut Prakiraan Cuaca Jateng Kamis 2 Februari 2023

Kepala ATR BPN Wonogiri Heru Muljanto di sela peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang, Senin (26/9/2022) menerangkan, selain mempermudah, aplikasi Sego Tiwul mempersingkat waktu pelayanan.

“Masyarakat di daerah yang jauh sebelumnya harus bolak-balik membawa banyak berkas untuk mengurus pertanahan. Dengan adanya aplikasi Sego tiwul, mereka bisa mendaftarkan pelayanan pertanahan secara online dari rumah. Setelah entri data dinyatakan lengkap, mereka kemudian tinggal membawa berkas fisiknya ke kantor ATR/BPN,” terang Kepala ATR BPN Wonogiri Heru Muljanto.

Entri berkas KTP, KK, sertifikat dan data dukung lainnya bisa dari rumah. Jadi, berkas yang masuk ke sini nanti sudah lengkap. Tidak perlu bolak-balik,” imbuh Kepala ATR BPN Wonogiri Heru Muljanto. Aris Arianto

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com