JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Ingin Atasi Masalah Obesitas? Bisa Dicoba Teknik Akupunktur

Ubah pola makan

Menurutnya, akupunktur biasanya yang paling bagus dapat menurunkan berat badan setengah sampai 1 kilogram per minggu. Apabila pasien ingin menurunkan berat badan 10 kg, maka dia tinggal melakukan perencanaan target waktu yang dibutuhkan untuk melakukan akupuntur rutin.

“Tentunya harus disertai dengan mengubah pola makan. Masalah pola makan itu nanti silakan ke ahli gizi,” sarannya.

Kemas mengatakan kini modalitas akupunktur telah berkembang menjadi berbagai jenis dengan tujuan yang masih sama, tidak hanya jarum, melainkan juga laser, benang, farmakopunktur, elektroakupunktur, hingga ultrasound akupunktur. Menurutnya, efek samping akupunktur hampir tidak dijumpai, minimal biasanya terjadi hematom atau bintik kecil di kulit dengan persentase kejadian yang rendah pada akupunktur seperti jenis jarum.

Baca Juga :  Seringkali Dianggap Sepele, Ini Bahaya Penyakit Cacingan bagi Anak!

“Walaupun invasif, tapi invasinya itu minimal banget. Hanya terjadi mikrotrauma. Jadi sangat aman untuk kulit, apalagi dengan laser. Kalau laser itu tidak ada efek sama sekali ke kulit,” katanya.

Kemas menambahkan semua pasien dengan obesitas aman untuk terapi akupunktur kecuali pasien obesitas dengan penyakit tertentu.

Baca Juga :  Kesadaran Masyarakat Merawat Gigi Terus Meningkat

“Misalnya pasien obesitas tapi dia ada penyakit yang menyebabkan trombositnya turun drastis. Itu bukan tidak boleh tetapi tidak boleh menggunakan jarum. Jadi kita bisa menggunakan laser karena kalau menggunakan jarum takut terjadi hematom atau pendarahan,” paparnya.

www.tempo.co

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com