JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Isyaratkan Pandemi Covid-19 Segera Berakhir, Jokowi Perintahkan Menkes Komunikasi Intensif dengan WHO

Sebelum Jokowi, Presiden Amerika Serikat Joe Biden sudah lebih dulu bersuara. Biden menyatakan bahwa pandemi Covid-19 di negaranya telah berakhir. Perkataan Biden mengemuka setelah Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan akhir pandemi Covid-19 sudah di depan mata.

Meskipun jumlah warga Amerika Serikat yang meninggal karena penyakit ini terus meningkat. Biden mengatakan bahwa meskipun negaranya masih memiliki masalah, situasinya terus membaik dengan cepat. Statistik menunjukkan bahwa rata-rata lebih dari 400 orang Amerika meninggal akibat virus setiap hari.

Baca Juga :  Berlaku Tiga Tahun Lagi, KUHP Bukan untuk Melindungi Presiden Jokowi

Tapi setelah Biden menyampaikan pengumuman itu, Jokowi mengambil sikap berbeda. Ia justru tak ingin ikut-ikut menyatakan pandemi telah berakhir, seperti yang dilakukan Presiden Amerika Serikat. Jokowi memilih bergantung pada keputusan WHO.

“Pandemi ini kan terjadi di seluruh negara di dunia, dan yang bisa memberikan statement menyatakan pandemi itu selesai itu adalah WHO,” kata Jokowi saat peresmian Tol Cibitung – Cilincing di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (20/9/2022).

“Kalau untuk indonesia saya kira kita harus hati-hati, tetap harus waspada, tidak usah harus tergesa-gesa, tidak usah harus segera menyatakan bahwa pandemi itu sudah selesai saya kira hati-hati,” kata dia.

Baca Juga :  Gelapkan Dana Bantuan Lion Air, Eks Presiden ACT Ibnu Khajar Diganjar 3 Tahun Penjara

Budi pun menjelaskan kalau di WHO sudah ada status yang bernama public health emergency of international concern.

“Itu nanti biasanya kapan dicabut, dia (WHO) akan resmikan,” kata dia.

Tapi saat ditanya kapan pemerintah akan mengumumkan kebijakan lepas masker, Budi enggan memberi penjelasan lebih lanjut.

“Itu tergantung Pak Presiden,” kata dia.

www.tempo.co

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com