JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Makanan dan Minuman Manis Bisa Buat Ketagihan, Begini Cara Mencegahnya

Ilustrasi minuman manis. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Mengonsumsi makanan dan minuman manis secara berlebihan bisa berdampak buruk untuk kesehatan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan, sebaiknya konsumsi gula harian tidak berlebihan, atau kurang dari 5 persen kalori harian atau sekitar enam sendok teh.

Mengonsumsi gula harian melebihi takaran itu bisa berakibat ketagihan manis atau sugar craving. Kondisi itu salah satu adiksi di otak akibat konsumsi gula secara berlebihan.

Mengutip Healthline, Cassie Bjork, pendiri Healthy Simple Life menerangkan, gula bisa lebih membuat ketagihan daripada kokain. Sebab, gula mengaktifkan rangsangan candu di otak yang mengarah perilaku memaksa atau kompulsif untuk mengonsumsi rasa manis.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

“Setiap kali makan permen, kita memperkuat jalur saraf menyebabkan otak menjadi semakin terprogram untuk mendambakan gula,” kata Bjork.

Kiat mencegah ketagihan gula

Mengutip dari WebMD, beberapa kiatnya yaitu:

1. Makan sedikit

Makan sedikit dari yang diinginkan, mungkin kue kecil atau permen. Coba untuk tetap di ambang batas, yaitu 150 kalori.

2. Kombinasi makanan

Jika makan sedikit camilan manis tidak berhasil, bisa menggabungkan makanan yang sehat. Salah satunya, mencampur beberapa almon dan beberapa keping cokelat.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

3. Makan permen karet

Jika ingin benar-benar menghindari kecanduan gula, coba mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet bisia mengurangi sugar craving.

4. Konsumsi buah

Mengonsumsi buah bisa memberikan serat dan nutrisi bersamaan rasa manis untuk tubuh. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan kering juga bisa menjadi pilihan selain makanan manis.

5. Makan secara teratur

Makan setiap 3 hingga 5 jam membantu menjaga gula darah tetap stabil. Itu juga mencegah seseorang menghindari perilaku makan yang tidak rasional. Pilih protein, makanan kaya serat seperti biji-bijian untuk menghindari gula.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com