JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Posisi Minum Obat Berdampak ke Waktu Penyerapan oleh Pencernaan, Ini Penjelasannya

Ilustrasi minum obat. Pexels
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Postur dan posisi tubuh saat minum obat berpengaruh besar pada seberapa cepat obat tersebut diserap. Hal ini tengah menjadi objek penelitian di Universitas John Hopkins.

Salah satu penulis senior, Rajat Mittal, PhD menjelaskan, apabila ketika minum obat posisi tubuh berdiri tegak atau berbaring dan condong ke kanan, maka pil akan mendarat sangat dekat dengan daerah ujung perut.

Berbeda dengan posisi berbaring dan condong ke kiri, itu termasuk posisi terburuk yang mungkin terjadi dalam hal melarutkan pil dengan cepat.

Melansir dari cnet, penelitian menunjukkan minum pil dengan posisi miring ke kanan merupakan posisi terbaik karena memungkinkan obat mengalir ke bagian terdalam dari perut. Kemudian, obat-obatan itu larut dua kali lebih cepat daripada ketika diminum dengan duduk tegak.

Baca Juga :  Waspada! Virus Hepatitis Picu 3.500 Orang di Dunia Meninggal Setiap Hari

Cara Kerja Obat
Menelan pil secara oral, artinya obat harus masuk ke perut, lalu perut harus mengeluarkan isi obat ke dalam usus. Selama proses, obat larut dan diserap oleh tubuh. Tetapi sampai bagian terakhir terjadi, pil tidak dapat bekerja – dan jalur pil menuju langkah ini cukup rumit, sebab perut secara alami asimetris.

“Gerakan dinding perut dan aliran isi di dalamnya menentukan tingkat dimana obat larut. Selain itu, sifat unik dari pil dan isi perut juga memainkan peran utama dalam proses.” ujar Mittal.

Profesor klinis, Jason Gallagher, PharmD dalam laman verywellhealth, mengatakan kebanyakan pil tidak mulai bekerja sampai perut melepaskan isi kapsul ke dalam usus. Menurutnya, jika sebuah pil mendarat sangat dekat dengan bagian bawah perut – jalan keluarnya, kurang lebih – semakin cepat pil itu mulai larut dan mengosongkan isinya ke bagian atas usus kecil.

Baca Juga :  Sederet Makanan Lebaran ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asam Urat

“Di perut, biasanya menjadi cairan, dan kemudian terus melalui saluran pencernaan. Sebagian besar obat diserap di usus kecil, jumlah waktu yang mereka habiskan di berbagai bagian saluran pencernaan dapat mempengaruhi penyerapannya,” papar Gallagher.

Meskipun studi ini mengambil kesimpulan, berbaring di sisi kanan menjadi posisi paling efektif untuk melarutkan pil, tetapi para ahli mengatakan tidak berarti rata-rata orang harus mengubah cara mereka minum obat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com