JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Siswa Tinggal Segelintir SDN Banyurip 3 Terancam Diregrouping. Ada Satu Kelas 4 Siswa, 2 Pindah Ikut Ortu, 2 Temannya Ikut Goyah

Kondisi murid yang minim juga membuat sekolah ketar-ketir. Meski pengajaran bisa lebih terfokus karena guru hanya mengajar beberapa murid, namun dengan siswa hanya di bawah 60 itu membuat sekolah terancam kehilangan dana BOS (bantuan operasional sekolah).

“Syarat bisa mendapat dana BOS itu minimal jumlah total murid harus 60 siswa. Risikonya kalau tetap bertahan ya nggak dapat dana BOS, sehingga biaya sekolah semua harus swadaya dari orangtua murid,” jelasnya.

Ia juga menyebut jumlah siswa yang sedikit itu masih dihantui bayangan pengurangan.

Terutama apabila ada siswa yang dipindahkan oleh orangtuanya karena merantau atau pindah domisili. Jika ada siswa yang pindah, siswa yang ditinggalkan pun juga mulai goyah dan resah karena tak lagi punya teman.

Baca Juga :  Parah, Pak Bayan di Sragen Jadi Penadah Motor Curian. Terancam 4 Tahun Mendekam di Bui

“Seperti kemarin ada satu kelas siswanya 4 anak. Yang satu pindah ikut orangtuanya di Jawa Timur, satunya dibawa orangtuanya pindah ke Tangerang. Tinggal 2 anak yang tersisa, juga ikut goyah mau ikut pindah. Lha kami yang bingung, kalau semua pindah kan ada kelas yang lowong,” urainya.

Wacana regrouping itu digulirkan oleh Korwil dan sudah sempat dirapatkan dengan komite sekolah, dewan guru dan pihak Kades.

Baca Juga :  Perhatian, Warga PSHT Ngawi dan Soloraya Dimohon Jangan Masuk ke Sragen!

Hasilnya, untuk sementara dari Kades merespon agar tetap dipertahankan dulu sembari menunggu tanggapan warga maupun wali murid.

“Kemarin dari Korwil memang sudah memberi kuisioner disuruh ngisi usulan diregrouping. Dari korwil juga sudah memberikan data sekolah mana yang memenuhi kriteria diregrouping, termasuk SD kami. Tapi karena warga memang belum dikumpulkan, sehingga sementara kami tangguhkan dulu. Nanti menunggu perkembangan dan petunjuk dulu dari korwil dan dinas,” imbuhnya. Wardoyo

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com