JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Tidak Ada Mokmen Alias Tilang Manual Lagi di Wonogiri, Diganti ini loh Lur

Mokmen
Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto mengecek salah satu sudut sentra layanan kepolisian. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Saat ini sudah tidak ada lagi mokmen atau tilang manual kendaraan di Wonogiri.

Sebagai gantinya tilang menggunakan sistem elektronik. Atau istilahnya adalah tilang ETLE (electronic traffic law enforcement).

Nah, kebijakan ini berdasarkan pada instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada jajaran korps lalu lintas (korlantas), untuk tidak lagi memberlakukan mokmen atau tilang manual.

Aturan tersebut juga berlaku di wilayah hukum Polres Wonogiri. Di mana pelanggaran lalu lintas ditindak lewat tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (ETLE), baik statis maupun mobile.

Baca Juga :  Di Ponpes Al Barru Bulusulur Wonogiri Terungkap Sederet Manfaat Safari Ramadhan

Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto menjelaskan, jajarannya siap mengikuti instruksi dari kapolri. Bahwa penilangan hanya akan dilakukan lewat ETLE.

Dia juga mengimbau agar masyarakat jangan takut atau segan melapor, jika menemui praktik pungli yang dilakukan polisi di jalanan. Apabila laporan itu terbukti, jabatan oknum tersebut akan dicopot.

“Jadi melalui ETLE, itu untuk menghindari pungli (pungutan liar) oleh oknum polisi. Polres Wonogiri bakal menindak tegas oknum yang terbukti melakukan penilangan dan pungli,” tegas Kapolres Wonogiri AKBP Dydit Dwi Susanto, Selasa (25/10/2022).

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

Sebagai catatan, terdapat tiga ETLE mobile di Wonogiri. Sementara itu ada satu ETLE statis yang terpasang di simpang empat bangjo Ponten, Kecamatan Wonogiri.

“Di daerah, tilang memakai ETLE mobile dipasang di helm petugas,” imbuh Kasubsi Penmas Humas Polres Wonogiri Aiptu Iwan Sumarsono. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com