JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Klaten

Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis UMS Gelar Simulasi Bencana Berbasis Sivabel

Duduk di atas kursi roda, penyandang disabilitas ini diselamatkan oleh relawan dari bencana erupsi Merapi dalam simulasi oleh Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis UMS / Foto: Istimewa
   

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Wilayah Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Klaten heboh! Di tengah jerit tangis dan suasana hiruk pikuk, warga berhamburan mencari selamat dari bencana erupsi Merapi yang terjadi.

Tim relawan pun segera berkoordinasi dengan perangkat desa setempat untuk menyelamatkan warga, termasauk para penyandang disabilitas yang perlu mendapat perhatian khusus.

Mereka pun lantas membuka aplikasi Sivabel untuk melihat lokasi tempat tinggal rekan-rekan penyandang disabilitas.

Setelah lokasi rekan-rekan penyandang disabilitas itu diketahui, tim segera disebar untuk melakukan evakuasi. Para penyandang disabilitas itu dibawa ke titik kumpul yang sudah ditentukan dengan kawalan polisi dan TNI.

Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis UMS sedang mendapatan briefing sebelum melaksanakan simulasi bencana berbasis sistem informasi evakuasi ramah divabel (Sivabel) / Foto: Istimewa

Dari titik kumpul, para penyandang disabilitas itu kemudian dibawa oleh tim relawan ke shelter pengungsian untuk dicek kesehatan, untuk selanjutnya diungsikan.

Seperti itulah suasana simulasi Sistem Evakuasi Bencana Erupsi Merapi Ramah Difabel (Sivabel) yang dilakukan oleh tim Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) HMP Pendidikan Geografi Atlantis Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Desa Demakijo, Karangnongko, Klaten, Sabtu (1/10/2022).

Inge Ammelia selaku perwakilan Tim PPK Ormawa menjelaskan, kegiatan tersebut melibatkan sejumlah stakeholder dengan 45 peserta yang terdiri dari para aktivis relawan bencana erupsi Merapi.

Baca Juga :  Warga Juwiring Klaten Ini Hilang Terbawa Arus Sungai Bengawan Solo, Masih Sempat Melambaikan Tangan pada Kakaknya Sebelum Lenyap

Di antaranya perwakilan dari BPBD Klaten, ULD PB BPBD Klaten, Relawan Aries Desa Demakijo, Relawan Desa Tegalmulyo, Relawan Desa Kanoman, Relawan Desa Gatak, Tim SAR Kabupaten Klaten.

Tim PPK Ormawa HMP Pendidikan Geografi Atlantis UMS tengah berfoto bersama sebelum melakukan simulasi / Foto: Istimewa

Ada pula perangkat Desa Demakijo dan Tegalmulyo, tim keamanan dari Kapolsek Karangnongko dan Koramil Karangnongko, serta tim kesehatan dari Puskesmas Karangnongko dan Camat Karangongko.

Dijelaskan, kegiatan berupa simulasi tersebut merupakan program kerja ke tujuh serta menjadi program kerja puncak dari Tim PPK Ormawa yang beranggotakan 15 mahasiswa.

Tim mahasiswa diketuai oleh Syilvia Mildiana Ningrum, mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi angkatan 2019, serta anggota tim yang berasal dari Program Studi Pendidikan Geografi, Pendidikan Teknik Informatika dan Fakultas Geografi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Bertindak selaku dosen pembimbing adalah Siti Azizah Susilawati, S.Si., M.P.

“Kegiatan ini merupakan wujud kerja sama antara Tim PPK Ormawa bersama dengan mitra Tim PPK Ormawa yakni Desa Demakijo,” ujar ketua tim, Syilvia Mildiana Ningrum.

Dia menjelaskan, dalam kegiatan tersebut dilakukan simulasi evakuasi penyandang disabilitas oleh tim relawan bencana dengan menggunakan Sistem Informasi Evakuasi Bencana Ramah Difabel (Sivabel).

Baca Juga :  Warga Juwiring Klaten Ini Hilang Terbawa Arus Sungai Bengawan Solo, Masih Sempat Melambaikan Tangan pada Kakaknya Sebelum Lenyap

“Sivabel ini berbasis web dan android yang telah diciptakan oleh Tim PPK  pada program kerja sebelumnya,” ujaar Sylvia.

Sylvia menjelaskan, penggunaan sistem informasi tersebut sangat memudahkan relawan bencana untuk mengetahui persebaran tempat tinggal serta jenis disabilitas dari teman difabel yang ada di Desa Terdampak Bencana pada konsep Desa Paseduluran yang diterapkan di Klaten.

“Dalam hal ini, Desa Demakijo sebagai desa penerima pengungsi jika terjadi bencana erupsi Merapi,” paparnya.

Kegiatan simulasi tersebut direkam dengan kamera dan drone untuk menghasilkan film dokumenter, untuk selanjutnya diunggah ke Youtube sebagai film pembelajaran dalam evakuasi bencana ramah difabel.

Para peserta kegiatan sangat antusias dan bersemangat di dalam melakukan simulasi, yakni dengan menyimak penjelasan pada saat briefing dilakukan serta melakukan simulasi sesuai dengan arahan dengan bersemangat dan tak lupa bertanya hal-hal yang dirasa masih kurang jelas kepada Tim PPK Ormawa.

Dijelaskan, para relawan juga sangat antusias membantu menyukseskan acara simulasi tersebut, termasuk sebelum acara dilakukan. Yakni, dengan turut membantu memilihkan lokasi lapangan kegiatan, dan juga rumah-rumah yang digunakan untuk simulasi. Redaksi

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com