JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Vitamin B12, Apa Saja Manfaatnya untuk Tubuh?

Vitamin B12 diyakini dapat menurunkan homosistein dalam aliran darah, yang dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia. Ini adalah penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua.

Dalam satu penelitian terhadap 5000 wanita berusia 40 tahun ke atas, mereka yang mengonsumsi suplemen vitamin B12, B6, dan asam folat memiliki kasus degenerasi makula 34 persen lebih sedikit setelah tujuh tahun dibandingkan kelompok plasebo. Risiko mereka mengalami degenerasi parah adalah 41 persen lebih rendah.

Baca Juga :  Tak Hanya Tingkatkan Energi, Minum Kopi 2-4 Cangkir Tiap Hari Baik untuk Kesehatan Jangka Panjang

3. Baik untuk kehamilan

Jika seorang wanita memiliki kekurangan vitamin B12 pada tahap awal kehamilan, maka anaknya berisiko lebih tinggi mengalami cacat lahir tabung saraf dan berat badan saat lahir rendah. Ibu hamil dengan kadar vitamin B12 rendah juga lebih mungkin mengalami keguguran atau melahirkan prematur.

Baca Juga :  Ada Berbagai Bentuk Kepala Sikat Gigi, Rekomendasi Dokter?

4. Kesehatan otak

Vitamin B12 adalah nutrisi penting untuk neuron di otak. Atrofi otak, yang mengacu pada hilangnya neuron di otak, dikaitkan dengan kehilangan memori dan demensia. Dalam satu percobaan acak, orang dewasa dengan demensia tahap awal yang diberi suplemen vitamin B12 menunjukkan tingkat penurunan kognitif dan klinis yang lebih lambat.

www.tempo.co

« Halaman sebelumnya

Halaman :   1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com