JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

70 % Sumber Air Tercemar Tinja, Wings Group Gelar Kampanye Sehat Berseri di 11 Provinsi. Salah Satunya di Sragen

Cerianya anak-anak SD di Sragen saat hadir di acara kampanye Indonesia Sehat Berseri yang digelar oleh Wings Group dalam rangka peringatan puncak HKN di Gedung SMS Sragen, Rabu (30/11/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM WINGS Group Indonesia melalui SoKlin Antisep bersama dengan UNICEF Indonesia, Rabu (19/10/2022) meluncurkan Kampanye Indonesia Sehat Berseri dalam upaya mewujudkan bangsa Indonesia yang sehat, bersih dan terlindungi, Rabu (30/11/2022).

Kampanye itu digelar serentak di 11 provinsi yang cakupan vaksinasi dan imunisasinya cukup tinggi.

Kampanye itu juga upaya sosialisasi pentingnya PHBS lantaran data Kementerian Kesehatan, hampir 70 persen sumber air minum rumah tangga di Indonesia terindikasikan tercemar oleh tinja.

Gerakan kampanye itu digelar mengajak masyarakat untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Serta meningkatkan kesadaran para orang tua untuk rutin membawa anak mereka ke fasilitas kesehatan demi mendapatkan imunisasi rutin sesuai dengan usia anak.

Kampanye SoKlin Antisep Indonesia Sehat Berseri akan dilaksanakan di 11 provinsi di Indonesia yaitu Riau, Sumatera Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan yang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat beserta dinas terkait lainnya ini menargetkan sebanyak 20.000 anak mendapatkan percepatan imunisasi rutin dan edukasi perilaku hidup bersih sehat.

Inisiatif ini dilakukan guna memberikan perlindungan kesehatan bagi generasi penerus bangsa melalui penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai bentuk perlindungan dari luar.

Hal itu untuk melengkapi imunisasi rutin anak sebagai bentuk perlindungan dari dalam.

Marketing Manager Fabric Care WINGS Group Indonesia, Joanna Elizabeth Samuel mengatakan alasan SoKlin Antisep memilih 11 provinsi tersebut.

“Berdasarkan laporan dan data dari Kementerian Kesehatan dan UNICEF Indonesia, kami memilih 11 provinsi tersebut karena melihat angka cakupan imunisasi di daerah itu masih belum maksimal,” paparnya kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (30/11/2022)

Baca Juga :  Polda Jateng Gunakan Helikopter Untuk Pengecekan Persiapan Mudik Lebaran 2024 Dan Mendarat di Polres Sragen Cek Kesiapan Anggota

Dengan adanya kampanye SoKlin Antisep Indonesia Sehat Berseri, diharapkan anak-anak Indonesia, generasi penerus bangsa, bisa mendapatkan perlindungan secara menyeluruh.

Baik dari dari dalam melalui dukungan percepatan imunisasi rutin maupun dari luar melalui edukasi pentingnya PHBS dan pengelolaan sanitasi aman.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, hampir 70 persen sumber air minum rumah tangga di Indonesia terindikasikan tercemar oleh tinja.

Sehingga meningkatkan risiko timbulnya berbagai macam penyakit. Penyakit dapat menular melalui berbagai cara.

Penularan penyakit dapat bermula dari toilet yang kotor, air tanah yang terkontaminasi tinja. Karena toilet tidak terhubung dengan tangki septik sesuai standar, tangan yang tidak dicuci menggunakan sabun di bawah air mengalir, serta makanan yang tidak ditutup dengan baik. Sehingga mudah dihinggapi lalat atau serangga lainnya.

“Praktek higienitas maupun penanganan sanitasi yang baik menjadi kunci pencegahan penyakit,” ujar Maraita Listyasari, WASH Specialist UNICEF Indonesia.

Plt Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Prima Yosephine, menyampaikan pentingnya imunisasi rutin bagi anak-anak.

Hal itu dinilai bisa membuat mereka terlindungi dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus, kuman, bakteri, yang ada di sekitar kita termasuk di air yang tercemar.

Padahal penyakit-penyakit itu dapat dicegah dengan imunisasi. Jangan sampai muncul kejadian luar biasa atau wabah setelah pandemi COVID-19 karena imunisasi rutin anak-anak tidak terpenuhi.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat membuka kegiatan puncak HKN, Rabu (30/11/2022). Foto/Wardoyo

Tangan yang tidak dicuci menggunakan sabun di bawah air mengalir, serta makanan yang tidak ditutup dengan baik. Sehingga mudah dihinggapi lalat atau serangga lainnya.

Baca Juga :  Viral Dexlite Abal-abal di Sragen Ternyata Dialami Juga oleh Anggota DPRD Tulungagung, Mobilnya Langsung Ndongkrok di Bengkel 3 Hari

“Untuk mencegah hal tersebut pemerintah terus melakukan upaya percepatan dan penguatan imunisasi rutin, melalui: penyebarluasan materi KIE (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi) ke masyarakat melalui berbagai kanal media; mempermudah akses layanan imunisasi ke masyarakat melalui kebijakan Kementerian Kesehatan melakukan transformasi layanan primer dan juga melalui kolaborasi dengan lintas sektor terkait, baik dengan Kementerian/Lembaga, organisasi masyarakat, organisasi profesi maupun pihak swasta,” ujar dr. Prima Yosephine, MKM.

Sementara, Joanna menambahkan perlindungan secara menyeluruh bagi anak dengan melengkapi imunisasi rutin harus dibarengi dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang baik dan benar.

Terlebih di masa sekarang untuk menjaga anak-anak dan keluarga kita tetap hidup bersih dan sehat agar terhindar dari ancaman penyakit.

Salah satunya adalah dengan mengganti dan mencuci bersih pakaian setelah beraktivitas dengan deterjen yang telah teruji ampuh melawan virus, kuman dan bakteri di pakaian.

Kegiatan antibacterial test yang menguji keampuhan SoKlin Antisep dalam membunuh kuman, bakteri dan virus hingga 99,99%.

“Sesuai dengan filosofi perusahaan kami Wings Group, kami percaya bahwa ‘the best things in life should be accessible for all’, demikian pula kehadiran SoKlin Antisep dengan adanya kampanye Indonesia Sehat Berseri ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam mengedukasi masyarakat tentang pentingnya penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di masa seperti sekarang. Salah satunya adalah dengan mencuci pakaian setelah beraktivitas dengan SoKlin Antisep, deterjen plus desinfektan yang efektif membunuh virus, kuman dan bakteri,” tandasnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com