JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Baik untuk Penderita Diabetes, 5 Makanan Ini Dapat Turunkan Kadar Gula Darah

Bayam. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Diabetes mellitus merupakan salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat. Diabetes bisa disebabkan oleh gaya hidup dan faktor keturunan.

Diabetes mellitus merupakan gangguan metabolisme yang terjadi saat tubuh tak bisa memproduksi insulin yang cukup atau tidak menggunakan insulin dengan benar yang menyebabkan kadar gula atau glukosa darah meningkat.

Diabetes dibedakan menjadi tiga, mengutip emedicinehealth.com ini 3 jenis diabetes:

Diabetes tipe 1 adalah suatu kondisi di mana sedikit atau tidak ada insulin yang diproduksi oleh pankreas.

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh tidak menggunakan insulin dengan benar, menyebabkan kadar gula darah meningkat. Ini adalah bentuk yang paling umum dari diabetes.

Diabetes gestasional adalah suatu kondisi yang mengganggu cara tubuh menggunakan gula selama kehamilan. Kehamilan meningkatkan kebutuhan tubuh akan insulin, tetapi tubuh tidak selalu mampu mencukupinya.

Makanan Baik Bagi penderita Diabetes

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Tidak ada diet khusus untuk bisa menyembuhkan diabetes. Penderita diabetes harus mengikuti program makan seperti yang direkomendasikan oleh dokter atau ahli gizi. Makanan yang harus dikonsumsi yaitu:

1. Kacang

Dikutip dari PharmEasy kacang kaya serat dan membantu merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Kacang, termasuk kacang hitam, memang mengandung karbohidrat, tetapi juga mengandung banyak serat makanan, protein, dan nutrisi lain yang menghasilkan peringkat indeks glikemik yang relatif rendah.

2. Bayam

Ini adalah sayuran sumber serat makanan, vitamin, folat, klorofil, mangan, kalsium, kalium, seng, fosfor, protein, dan karoten yang sangat baik. Indeks glikemik bayam hampir 0 dan oleh karena itu sangat membantu pasien diabetes untuk menstabilkan kadar glukosa darah.

3. Collard hijau

Collard hijau adalah bagian dari keluarga sayuran silangan dan termasuk; kangkung, rutabaga, Brussel, brokoli, kecambah, kubis, lobak, dan lain-lain. sayur ini memiliki banyak nutrisi dengan kalori rendah & diketahui menurunkan kadar glukosa darah pada pasien diabetes tipe 1 dan menstabilkan kadar lipid, insulin, dan glukosa darah pada penderita diabetes tipe 2.

Baca Juga :  Jangan Panik Jika Vertigo Menyerang, Ini yang Harus Dilakukan

4. Sawi

Daun mustard sangat rendah kalori sekitar 27 kalori per 100 gram daun mentah dan lemak. Namun, daunnya yang berwarna hijau tua mengandung banyak fitonutrien, vitamin, dan mineral. Selain itu, mengandung serat makanan dalam jumlah yang sangat baik yang membantu mengontrol kadar kolesterol dengan mengganggu penyerapannya di usus.

5. Ubi jalar

Ubi jalar adalah yang terbaik di antara keluarga kentang, ubi jalar rebus memiliki indeks glikemik 44 sehingga dianggap sebagai makanan super untuk penderita diabetes. Menurut American Journal of Clinical Nutrition, makan ubi jalar dalam jumlah sedang akan membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat bahkan jika menderita diabetes.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com