JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Banjir Pracimantoro Wonogiri Gegara Luweng Tersumbat, Jalan Sempat Ditutup Kendaraan Dialihkan

Banjir Pracimantoro
Genangan air di depan KUA Pracimantoro Wonogiri. Foto : Istimewa
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Bencana hidrometeorologi berupa banjir terjadi di Kecamatan Pracimantoro Wonogiri, Selasa (29/11/2022).

Kali ini genangan banjir Pracimantoro Wonogiri terjadi di sebelah barat lampu merah Kecamatan Pracimantoro Wonogiri. Lokasi tepatnya sekitar KUA Pracimantoro di jalan Pracimantoro-DIY.

Banjir dipicu hujan deras dengan durasi lama.
Sementara mulut luweng sebagai drainase alami yang berada tak jauh dari lokasi diduga tidak mampu menampung limpahan air hujan. Ada perkiraan pula mulut luweng tersumbat.

Akibatnya air menggenang sampai meluber ke jalanan. Terpaksa dilakukan penutupan jalan, arus kendaraan sempat dialihkan.

Baca Juga :  Sajian Istimewa, Masakan yang Cocok Disajikan saat Lebaran 2024, Dijamin Menggugah Selera Tamu

Camat Pracimantoro Warsito, berujar, banjir Pracimantoro Wonogiri kerap terjadi. Khususnya di depan KUA Pracimantoro.

“Kendaraan yang melintas dialihkan,” ujar Camat Pracimantoro Warsito.

Dia membeberkan kedalaman banjir Pracimantoro Wonogiri sekitar 1,5-2 meter. Genangan air hujan yang tak bisa mengalir lantaran luweng tersumbat, masih berpotensi terjadi lagi di wilayah Kecamatan Pracimantoro. Pasalnya kendati telah dilakukan pembersihan secara kontinyu, air yang datang kadang membawa serta material penyumbat.

“Keberadaan luweng yang tersumbat itu beberapa kali menyebabkan genangan banjir. Seperti di barat lampu merah itu,” jelas Camat Pracimantoro Warsito.

Baca Juga :  Siap Digembleng 6 Bulan, Ratusan Guru Wonogiri Ikuti Progam Guru Penggerak Angkatan 10

Beruntung, tutur Warsito, desanya telah terbentuk relawan siaga bencana. Merekalah yang ikut menggerakkan warga mengantisipasi bencana banjir dari tersumbatnya aliran air di luweng.

“Kami selalu mengingatkan warga untuk tidak membuang sampah di mulut luweng, saat sambang desa maupun melalui kades, kami tekankan hal itu. Kemudian secara berkala dilakukan kerja bakti pembersihan mulut luweng,” tutur Camat Pracimantoro Warsito.

Selain itu di sejumlah lokasi dilakukan pembuatan saluran air menuju mulut luweng. Beberapa luweng yang sebelumnya sempat tertutup atau tertimbun telah berhasil ditemukan. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com