JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dahlan Rais Jamin Pemilihan Calon Anggota Tetap PP Muhammadiyah Luberjur

Foto: Prihatsari
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Ketua Pemilihan Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Achmad Dahlan Rais menjamin proses pemilihan calon anggota Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah nemenuhi azas luberjur (langsung umum bebas rahasia dan jujur). Pemilihan anggota PP Muhammadiyah sendiri akan dilakukan secara e voting.

Menurut Dahlan, pemilihan anggota tetap PP Muhammadiyah harus memenuhi azas luberjur karena mesin tidak bisa berbohong.

“Jadi insya Allah hasil ini bisa dipertanggungjawabkan karena memenuhi persyaratan yang ada,” ujarnya, Sabtu (19/11/2022).

Sementara itu, dalam penyelenggaraan Tanwir ada 202 peserta yang akan melakukan pemilihan calon tetap Pengurus Pusat Muhammadiyah Periode 2022-2027. Namun dari jumlah tersebut ada lima orang yang tidak dapat memilih.

Baca Juga :  Pertamina Amankan Persediaan BBM dan Elpiji di Soloraya Selama Periode Ramadan dan Lebaran 2024

“Tiga diantaranya sakit, dan lainnya tidak berangkat. Sehingga tercatat hanya ada sebanyak 197 peserta yang melakukan pemilihan. Alhamdulillah dengan demikian tugas Panitia Pemilih untuk sidang Tanwir sudah selesai,” imbuhnya.

Sementara itu, pemiliham pimpinan tetap akan dilakukan Sabtu (19/11/2022) ini di persidangan Muktamar. Dari 39 calon akan dibawa ke Sidang Muktamar untuk dipilih 13 pimpinan tetap.

Diimbuhkan Anggota Panitia Pemilihan, Muchlas, hasil e-voting dipastikan 100% sah. Pasalnya, proses pemilihan ditopang dua hal mencakup level akurasi mesin e-voting dan pakta integritas dari panitia pemilihan yang mengurus data.

Baca Juga :  Tak Jadi Pakai Pasir, Pihak Terkait Sepakat Penutup Lahan Alkid dan Alut Keraton Solo Akan Pakai Rumput

“Dari sisi mesin e-voting, telah menjalani serangkaian tes dari sisi white box dan black box. Ini kan aplikasi kita dalam membangunnya menjalani beberapa tes, pertama dari sisi white box-nya yaitu dari sisi speed-nya itu sendiri sudah kita lakukan pengujian, kemudian yang kedua dari black box testnya, jadi misalnya menguji kesesuaian yang dimasukkan dengan output-nya. Jadi ini didampingi oleh seluruh tim panitia pemilihan, jadi pemasukan data-datanya, relasi data dengan yang ada di screen, itu semua sudah kita cek ada disisi black box testnya,” tukasnya. Prihatsari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com