JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Deretan Makanan Ini Bisa Memperlancar BAB

Ilustrasi buah-buahan. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Makanan dan minuman yang dikonsumsi seseorang berpengaruh terhadap pencernaan yang akhirnya  berpengaruh ke proses buang air besar (BAB). Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat melancarkan BAB.

Umumnya makanan berserat dapat memperlancar BAB seseorang. Berikut beberapa contoh makanan berserat, antara lain pisang, jeruk, apel, alpukat, mangga, stroberi, wortel, asparagus, sayuran hijau, nasi merah, dan kacang-kacangan.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut makanan dan minuman yang baik dikonsumsi untuk memperlancar BAB:

1. Makan makanan berserat

Menurut ahli gastroenterologi di Cleveland Clinic, Christine Lee MD, makanan berserat dengan kadar air yang tinggi merupakan sumber serat yang hebat untuk membantu melancarkan pencernaan.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Adapun makanan berserat yang disarankan di antaranya gandum, pisang, jeruk, apel, alpukat, mangga, stroberi, wortel, asparagus, sayuran hijau, nasi merah, dan kacang-kacangan.

2. Minum air jahe

Jahe dikenal sebagai ramuan penghangat yang menyebabkan bagian dalam tubuh menghasilkan lebih banyak panas sehingga dapat membantu mempercepat kerja pencernaan yang lambat.

Minumlah satu hingga dua kali sehari tepat setelah makan. Jahe akan merangsang pencernaan dan menuntaskan masalah sembelit dengan segera.

3. Air lemon

American Cancer Society bahkan merekomendasikan untuk mengonsumsi air lemon dengan segelas air hangat atau panas untuk mencegah sembelit..

4. Minum kopi

Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan kafein pada kopi dapat menstimulasi usus dengan cara yang sama seperti saat makan. Efek ini 60 persen lebih kuat ketimbang hanya minum air putih.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Kopi juga mengandung sedikit serat larut yang membantu mengatasi sembelit dengan meningkatkan keseimbangan bakteri dalam usus.

5. Mengonsumsi probiotik

Dalam sebuah penelitian, minuman probiotik secara signifikan mengatasi sembelit yang parah dan melunakkan feses yang mengeras.

6. Makan buah prune

Jumlah serat yang tinggi dan bersifat tidak mudah larut berperan mempercepat laju sisa makanan dalam pencernaan. Selain itu, kandungan sorbitol, yang merupakan alkohol gula juga dapat berfungsi sebagai pencahar alami. Dalam sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi 50 gram buah prune setiap hari selama tiga minggu secara rutin memiliki frekuensi BAB yang lebih baik.

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com