JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Masuki Kampanye, Pemkab Sebut Soal Kerawanan Pilkades Serentak Wonogiri

Pilkades
Deklarasi damai Pilkades serentak Wonogiri 2022. Dok. Polres Wonogiri
   

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Pilkades serentak Wonogiri 2022 akan digelar di 15 Desa yang berada di 12 Kecamatan.

Sebanyak 39 orang calon Kepala Desa yang akan bertarung pada Pilkades serentak Wonogiri 7 Desember mendatang. Para petarung dalam Pilkades serentak Wonogiri melaksanakan deklarasi damai yang bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (28/11/2022).

Disinggung soal kerawanan Pilkades serentak Wonogiri, Wabup Wonogiri Setyo Sukarno menegaskan, sampai saat ini tidak ada desa yang rawan, khususnya soal potensi konflik.

“Tidak ada yang rawan konflik,” kata Wabup Wonogiri Setyo Sukarno.

Wabup Wonogiri Setyo Sukarno mengatakan, hari ini kita sekalian membangun komitmen, berikrar, untuk melaksanakan Pemilihan Kepala Desa yang Damai, terkait dengan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahap I Tahun 2022 di Kabupaten Wonogiri. Pilkades serentak Wonogiri akan dilaksanakan di 15 desa pada 12 kecamatan, tepatnya pada hari Rabu Pahing, 7 Desember 2022 mendatang.

Baca Juga :  Launching Film Lembah Manah Asli Karangtengah Wonogiri, Apik dan Epik Meski Low Budget Crew dan Peralatan Terbatas

Dalam prosesnya, Pilkades serentak Wonogiri melibatkan berbagai unsur, di antaranya aspek pengamanan yang melibatkan unsur TNI/ Polri, Satpol-PP, dan Linmas, serta perangkat pemerintah daerah lainnya sebagai fasilitator penyelenggaraan, yang di dalamnya mencakup komponen pemerintahan desa dan masyarakat lainnya. Ini dimaksudkan menjamin bahwa Pilkades serentak Wonogiri dapat berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi, jujur, adil, netral, dan tanpa tekanan.

“Salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam mensukseskan Pilkades serentak Wonogiri adalah para Calon Kepala Desa itu sendiri. Proses demokrasi ini menuntut jiwa besar yang mampu menerima apapun hasil yang diperoleh,” ujar Wabup Wonogiri Setyo Sukarno.

Baca Juga :  Kenapa Harus Piknik ke Objek Wisata Air di Wonogiri? Listnya Pantai Klothok Nampu hingga Waduk Gajah Mungkur

Wabup Wonogiri Setyo Sukarno meminta kepada seluruh peserta Pilkades serentak Wonogiri harus siap menang dan lebih siap untuk menerima kekalahan dengan hati legowo. Prinsip ini harus juga disampaikan untuk menjadi pengertian para pendukungnya, untuk tetap menempatkan prinsip demokrasi sebagai yang utama.

“Marilah kita bersama-sama menjaga situasi dan kondisi Wonogiri agar senantiasa tetap sejuk dan kondusif,“ tandas Wabup Wonogiri Setyo Sukarno.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau Kepala PMD Wonogiri Antonius Purnama Adi menuturkan masa kampanye Pilkades serentak Wonogiri adalah tanggal 29 sampai Desember 2022. Selanjutnya masa tenang 2-6 Desember tahun 2022 dilanjutkan pemungutan suara tanggal 7 Desember tahun 2022. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com