JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Penyebab Rambut Memutih pada Usia Muda

Ilustrasi rambut beruban. pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Memiliki rambut tebal dan hitam menjadi impian banyak orang. Saat masih remaja, rambut akan terlihat sehat dan hitam.

Tetapi seiring bertambahnya usia, warna rambut dapat berubah. Ketika seseorang sudah tua, maka akjan terlihat ada penipisan di area tertentu di kepala sehingga rambut berubah dari warna aslinya menjadi abu-abu atau putih.

Dikutip dari Healthline, tubuh mempunyai folikel rambut, yaitu kantung kecil yang melapisi sel-sel kulit. Folikel rambut memiliki sel pigmen yang dikenal sebagai melanin.

Sel-sel ini memberi warna pada rambut. Namun seiring berjalannya waktu, folikel rambut bisa kehilangan pigmen mengakibatkan rambut beruban.

Penyebab Rambut Memutih
1. Genetika

Jika punya uban saat masih muda, bisa jadi disebabkan karena keturunan orang tua atau kakek nenek memiliki uban atau uban pada usia dini.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

2. Stres

Mengutip Medical News Today, terdapat hubungan antara stres dan penipisan sel induk di folikel rambut tikus. Teori ini mungkin juga menjelaskan mengapa beberapa pemimpin dunia tampak menua atau beruban lebih cepat saat menjabat itu sebab mereka banyak berpikir dan stres.

3. Penyakit autoimun

Penyakit autoimun juga dapat menyebabkan rambut beruban prematur. Ini adalah saat sistem kekebalan tubuh menyerang selnya sendiri.

4. Gangguan tiroid

Perubahan hormon yang disebabkan oleh masalah tiroid seperti hipertiroidisme atau dapat menyebabkan rambut beruban prematur. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di pangkal leher. Untuk mengontrol banyak fungsi tubuh seperti metabolisme. Tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih sedikit melanin.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

5. Kekurangan vitamin B-12

Kekurangan vitamin B-12 dikaitkan dengan kondisi yang disebut anemia pernisiosa, yaitu ketika tubuh tidak dapat menyerap cukup vitamin B-12. Tubuh membutuhkan vitamin B-12 untuk produksi sel darah merah yang sehat dan membawa oksigen ke sel-sel di tubuh termasuk sel-sel rambut. Kekurangan vitamin jenis ini dapat melemahkan sel-sel rambut dan mempengaruhi produksi melanin.

6. Merokok

Merokok meningkatkan risiko kanker paru-paru dan penyakit jantung. Efek jangka panjangnya adalah mempengaruhi rambut. Merokok menyempitkan pembuluh darah yang dapat mengurangi aliran darah ke folikel rambut dan menyebabkan kerontokan rambut. Selain itu, racun dalam rokok dapat merusak bagian tubuh termasuk folikel rambu sehingga menyebabkan rambut beruban lebih awal.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com