JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Redakan Kesemutan Dengan Cara Alami Ini

Ilustrasi memijat tangan. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kesemutan atau paresthesia bisa dialami oleh setiap orang. Saat kesemutan menyerang, maka akan cukup menganggu aktivitas. Biasanya kesemutan sering terjadi pada bagian tangan, lengan, tungkai, kaki, atau area lainnya.

Kesemutan bisa terjadi hanya sesaat dan dalam waktu yang lama. Sebagian orang, saat merasakan sensasi ini dengan perasaan yang tidak nyaman atau menyakitkan, bahkan bisa menjadi indikator gangguan medis yang serius.

Mengutip Healthline, kesemutan yang kronis, atau berlangsung lama, mungkin merupakan gejala dari kondisi medis yang cukup buruk. Adapun cara mengatasi kesemutan melalui perawatan secara alami yaitu

Selain menghindari kesemutan, tentu anda tidak dapat menolak akan kesemutan itu sendiri. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa langkah alami tanpa obat medis yang dapat anda coba di rumah seperti yang dikutip dari netmeds.com, meliputi:

1. Minyak esensial

Bahan pertama adalah minyak esensial atau minyak atsiri. Diketahui bahwa minyak ini merupakan bahan dasar untuk wangi-wangian sekaligus sebagai minyak gosok untuk pengobatan. Terutama memiliki khasian khusus untuk menyembuhkan masalah saraf seperti kesemutan di tangan dan kaki karena memiliki sifat anti-inflamasi.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Anda cukup memberikan 10-12 tetes minyak lavender dengan minyak pembawa seperti kelapa atau minyak zaitun. Lalu oleskan secara teratur sembari menuangkan minyak esensial di bagian saraf tertentu. Setelahnya biarkan semalaman menempel di kulit anda, dan ulangi keesokannya jika terasa lagi kesemutan.

2. Periksa sepatu

Cara kedua ialah dengan mengecek ukuran sepatu yang dikenakan. Sensasi kesemutan bisa terjadi karena sepatu anda yang kenakan tidak pas atau terlalu sempit. Hal tersebut tentu akan memengaruhi sirkulasi dan aliran saraf.

Anda harus selalu memastikan terdapat cukup ruang pada sepatu yang dikenakan. Setidaknya sepatu yang dipakai dapat menggoyangkan jari-jari kaki. Pilihlah sepatu yang menopang lengkungan, terutama jika kondisi di lapangan membuat anda sering berdiri atau berjalan. Selain itu, pastikan juga tali sepatu agar tidak terlalu kencang untuk diikat.

3. Pijat terapi

Hal yang dibutuhkan selanjutnya adalah terapi pijat. Cara ini sangat bagus untuk mengurangi rasa sensasi kesemutan yang sering terjadi di tangan dan kaki. Dengan memijat rangsangan saraf, anda mampu meningkatkan sirkulasi darah dan mengembalikan fungsi saraf normal.

Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Di samping itu, dalam beberapa penelitian pijat dapat mengurangi ketegangan otot dan mendorong aliran darah yang lebih baik. Sebagian orang bahkan melaporkan peningkatan gejala parestesia setelah menerima pijatan.

4. Cuka sari apel

Selanjutnya terdapa bahan alami yang membantu nyeri dari kesemutan, yaitu dengan cuka sari apel. Sejumlah kandungan asam asetat yang terdapat dalam cuka sari apel dinilai mampu memulihkan dan memperbaiki saraf yang rusak. Selain itu, cuka sari apa yang memili efek anti-inflamasi ini bisa meningkatkan energi dan mempercepat proses pemulihan.

Caranya, dengan menambahkan satu sendok suka sari apel ke dalam segelas air hangat dan sedikit madu. Lalu aduk dengan rata hingga semuanya tercampur. Minum air ini sekali sehari untuk hasil yang baik.

5. Kompres air hangat

Terakhir yang dipercaya membantu memperbaiki sirkulasi darah pada tubuh adalah dengan mengompresnya di bagian nyeri. Terutama ketika kesemutan, kompres air hangat dapat meningkatkan fungsi saraf dan membantu mengobati sensasi kesemutan. Anda cukup meletakan kompresan di daerah yang terkena selama 5-7 menit. Ulangi cara ini setidaknya tiga kali dalam sehari untuk mengurangi kesemutan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com