JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Mengonsumsi Kecambah bagi Kesehatan

Kecambah. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kecambah merupakan sayuran muda dari biji-bijian yang baru bertunas dan berdaun. Kecambah memiliki rasa yang unik dan segar. Kecambah biasanya dijadikan berbagai jenis masakan, seperti solo, pecel ataupun rawon.

Selain enak rasanya, kecambah juga baik untuk berbagai manfaat kesehatan. Seperti meningkatkan sistem pencernaan, menjaga stabilitas hormon, sampai mengurangi efek mabuk alkohol.

Berikut ini sederet manfaat makan kecambah bagi kesehatan:

1. Kaya Nutrisi

Mengutip Healthline, kecambah kaya akan nutrisi dan senyawa tanaman. Di antaranya protein, folat, magnesium, fosfor, mangan, serta vitamin C dan K.

Kecambah cenderung mengandung asam amino esensial yang lebih tinggi, sekitar 30 persen. Serta menyediakan antioksidan dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

2. Bantu Kontrol Gula Darah

Kecambah diklaim dapat membantu mengendalikan kadar gula darah. Karena dimungkinkan mampu mengikat dan mengatur aktivasi enzim amilase untuk memecah dan mencerna gula dengan baik.

Studi pada penderita diabetes tipe 2 yang mengkonsumsi suplemen kecambah brokoli bubuk selama delapan minggu menemukan adanya penurunan kadar insulin dan resistensi insulin pada penderita diabetes tipe 2.

3. Meningkatkan Pencernaan

Studi menunjukkan, ketika biji-bijian bertunas, jumlah serat yang dikandungnya meningkat dan menjadi lebih lengkap. Secara khusus, serat yang disediakan kecambah termasuk serat tidak larut. Sejenis serat yang membantu pembentukan tekstur tinja dan memudahkannya dikeluarkan dari usus. Selain itu, kecambah mengurangi jumlah gluten yang ditemukan dalam biji-bijian.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

4. Membantu Keseimbangan Hormon

Mengutip Well and Good, Dr. Denniston mengatakan kecambah brokoli menyediakan sulforaphane dan Indole-3-carbinol. Senyawa yang membantu tubuh wanita menjaga kesehatan dan keseimbangan kadar hormon estrogen.

Indole-3-carbinol mendukung kinerja hati dalam mendetoksifikasi kelebihan hormon. Sedang sulforaphane bantu mengubah metabolisme estrogen ke jalur biokimia dan melindunginya dari risiko kerusakan.

Pada akhirnya, kecambah brokoli memberi sejumlah manfaat pada wanita. Termasuk mengurangi gejala ketidaknyamanan menstruasi, membantu menstruasi lebih teratur, dan meredakan jerawat hormonal selama menstruasi.

5. Mengurangi Efek Mabuk Alkohol

Mengonsumsi kecambah mentah dapat meredakan rasa mabuk akibat alkohol. Karena sulforaphane pada kecambah membantu meningkatkan detoksifikasi fase kedua di hati.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com