JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Selesai Akhir Desember, Begini Cantiknya Taman Pracima di Kawasan Pura Mangkunegaran

Inilah taman Pracima di dalam kawasan Pura Mangkunegaran yang tengah dalam proses penyelesaian / Foto: Ando
ย ย ย 

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Taman Pracima yang terletak di dalam kawasan Pura Mangkunegaran ini akan segera selesai dibangun pada akhir Desember 2022 mendatang dan bakal menjadi destinasi wisata baru di Kota Solo.

Menurut KGPAA Mangkunegara X, pembangunan taman tersebut terinsipirasi dari era eyang buyutnya, Mangkunegoro VII.

“Jadi dari era Mangkunegoro VII sekitar tahun 1920-an lah. Kita kembalikan seperti itu, ke depannya harapannya bisa menjadi suatu wadah untuk pelestarian dan pengembangan kebudayaan. Misalnya di bidang kesenian, di bidang UMKM. Bisa juga untuk kuliner khas Mangkunegaran, arahnya ke sana,” terang KGPAA Mangkunegara X di sela-sela mendampingi Gibran meninjau revitalisasi.

Baca Juga :  UMS Kukuhkan Doktor Baru, Harapkan Doktor Dapat Tingkatkan Kolaborasi Penelitian
Indahnya bunga-bunga dengan latar belakan Gedung Taman Pracima di kompleks Pura Mangkunegaran / Foto : Ando

Rencananya, menurut Mangkunegoro X, ย Taman Pracima tersebut akan dibuka untuk umum dan menjadi tempat interaksi publik. Namun belum dapat dipastikan kapan pembukaan tersebut bakal dilakukan.

“Rencana selesainya mungkin di sekitar akhir Desember. Kalau dibuka untuk umum itu tunggu kabar selanjutnya. Karena selesai pembangunan, kita harus lihat kondisinya dulu,” jelasnya.

Dijelaskan, Taman Pracima berada di lahan seluas sekitar satu ย hektar, dan memiliki tiga buah bangunan. Bangunan pertama yaituย  Pracimasono, kedua Pracimawisik dan bangunan ketiga adalah Pracimaloka.

Baca Juga :  Diskusi Ilmiah UMS, Bahas Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Internasional Kuatkan Komunikasi Global

“Jadi kita ada tiga bangunan. Untuk fungsinya nanti informasinya kita susulkan lagi saat peresmian atau kesempatan lainnya,” imbuh KGPAA Mangkunegara X.

Sementara itu, Gibran berharap, Taman Pracima tersebut bisa menjadi salah satu destinasi wisata dan publik space yang baru di Kota Solo.

“Tapi harus saya garis bawahi lagi, ini baru fase-fase awalnya. Nanti akan ada revitalisasi-revitalisasi di tempat tempat yang lain. Jadi kita pengen nanti bener-bener Mangkunegaran ini bisa dinikmati banyak wisatawan dengan spot-spot baru,” pungkasnya. Ando

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com