JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Setelah Ramai Kode Jokowi Pemimpin Berambut Putih, Ganjar Unggah Fotonya Berambut Hitam

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kanan) mengunggah foto rambut hitam di Instagram setelah Jokowi (kiri) melontarkan kode soal pemimpin rambut putih di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Sabtu (26/11/2022) / tribunnews
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pernyataan Presiden Jokowi perihal pemimpin berambut putih, benar-benar memunculkan reaksi beragam, baik reaksi yang serius dari pengamat maupun unggahan-unggahan candaan di media Sosial.

Salah satu misalnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunggah foto dirinya dengan rambut hitam di akun Instagram pribadinya, @ganjar_pranowo.

Dalam foto itu, Ganjar Pranowo yang identik dengan rambut putih kini tampil dengan warna rambut berbeda.

Ganjar Pranowo juga tersenyum dalam foto tampak samping tersebut.

Ganjar mengunggah fotonya dengan rambut hitam setelah ramai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal calon pemimpin yang tepat untuk Indonesia ke depan.

Dalam acara silaturahmi relawan Nusantara Bersatu, Jokowi mengatakan, calon pemimpin Indonesia ke depan harus yang memikirkan rakyatnya.

Calon pemimpin seperti itu, lanjut Jokowi, dapat dilihat dari ciri fisiknya yakni berambut putih dan banyak kerutan.

“Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya itu kelihatan, dari penampilannya itu kelihatan.”

“Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada,” kata Presiden di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta pada Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga :  Pengamat Sebut, Jokowi ke Medan untuk Bantu Menantunya Bobby yang Akan Maju Pilgub 2024

Banyak yang menafsirkan, kode Jokowi soal pemimpin rambut putih adalah sinyal dukungannya pada Ganjar Pranowo.

Di tengah riuh soal pemimpin rambut putih, Ganjar tiba-tiba mengunggah foto dirinya.

Ganjar memang tidak menyinggung apapun soal pemimpin rambut putih.

Dalam caption, politikus PDIP itu hanya menulis kata cukur yang berarti potong rambut.

Bahkan, ia meminta pendapat dari follower-nya apakah memiliki tips merawat wajah dan rambut?

“Cukur.. Kamu punya tips merawat wajah & rambut?” tulis Ganjar.

Postingan Ganjar itu pun menuai respons beragam dari sejumlah warganet.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengunggah foto dirinya dengan rambut hitam di akun Instagram pribadinya, @ganjar_pranowo.

Tak pelak, pernyataan Jokowi soal pemimpin rambut putih itu pun mendapat komentar dari sejumlah kalangan.

Satu di antaranyaa politikus PDIP, Masinton Pasaribu yang menilai pernyataan Jokowi adalah analogi bagi pemimpin yang mau bekerja.

“Yang disampaikan Jokowi adalah bagaimana rakyat memilih pemimpin.”

“Artinya yang disampaikan Jokowi adalah bagaiamana agar rakyat memilih pemimpin sesuai kriteria yang diinginkan rakyat dan memahami keberagaman Indonesa.”

“Saya melihat apa yang disampaiakn itu adalah orang yang memikirkan rakyat dengan sosok fisik, maksudnya adalah pemimpin yang mau bekerja,” kata Masinton, Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga :  Selain Megawati, Ternyata MK Juga Terima Amicus Curiae BEM Fakultas Hukum dari 4 PTN di Indonesia

Politisi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu usai mengikuti diskusi Tribun Series ‘Mungkinkah Jokowi Maju Di2024’ di Kantor Tribun Network, Jakarta, Senin (26/9/2022).

Masinton menyebut pidato Jokowi di hadapan relawan tentang pemimpin rambut putih itu tidak merujuk pada satu sosok tertentu.

“Kalau masalah rambut, saya tidak melihat bahwa ciri-ciri itu spesifik ditujukan pada orang per orang Yang rambut putih banyak,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Relawan Arus Bawah Jokowi (ABJ) Michael Umbas mengatakan, pernyataan Jokowi tersebut memiliki pesan tersirat dukungan kepada salah satu tokoh yang digadang-gadang akan maju dalam Pilpres 2024.

“Dari analogi kriteria yang disampaikan Pak Presiden Jokowi, dapat diartikan bahwa dengan komposisi calon yang ada sekarang ya Pak Ganjar Pranowo.”

“Kan beliau tidak mungkin sebut nama, tetapi kriteria. Yang rambut putih kebetulan identik dengan Ganjar.”

“Kecuali ada lagi calon lain yang akan muncul dengan ciri rambut putih,” kata Umbas usai acara silaturahmi relawan di GBK.

Umbas menegaskan Jokowi lebih cenderung membuat analogi dan perumpamaan karena memang sejauh ini semua dinamika politik capres masih sangat cair.

www.tribunnews.com

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com