JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Solo Siap Jadi Tuan Rumah Porwanas XIV 2024, Siwo PWI Makin Semangat

Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka saat dicium seorang relawan / Istimewa
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan siap jika Kota Solo ditunjuk menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV Tahun 2024.

Dukungan banyak venue berskala nasional dan internasional yang ada di Kota berjuluk The Spirit of Java ini, menjadi salah satu pertimbangan kesiapan itu.

Siwo PWI Surakarta pun menyatakan ketertarikan dan serius untuk mengupayakan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) ke-XIV pada 2024 mendatang.

Ketua Siwo PWI Surakarta, Ronald Seger Prabowo, dalam keterangannya, Senin (28/11/2022) mengatakan momentum Porwanas ke-XIII di Jawa Timur menjadi momentum kebangkitan Siwo PWI Surakarta.

Meskipun tak mencatatkan medali, namun skuad Surakarta ini mencatatkan banyak sejarah.

Kontingen Surakarta mampu mengirimkan 20-an atlet terbaiknya dan memberi perlawanan berarti meskipun Surakarta merupakan PWI khusus atau PWI skala kota yang harus bersaing dengan 34 provinsi lain.

Baca Juga :  Survei Cawali Solo 2024: Elektabilitas Teguh Prakosa Paling Tinggi, Disusul Gusti Bhre dan Kaesang

“Kalau saya melihat Porwanas Jawa Timur 2022 bisa kami jadikan pelajaran untuk Solo menjadi tuan rumah. Berbagai fasilitas olahraga sangat lengkap di Solo, termasuk dengan fasilitas penunjang seperti hotel dan masih banyak lagi,” kata Ronald.

Dia menambahkan Solo berulangkali menjadi tuan rumah berskala internasional maupun nasional.

Dia menyebut 2023 Solo menjadi salah satu venue gelaran Piala Dunia U-20. Lalu, Solo juga sukses menjadi tuan rumah ASEAN Para Games berkat kerja keras seluruh pihak seperti Presiden Joko Widodo, sejumlah Kementerian seperti Menpora, Zainudin Amali, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga :  Sidang Perdana Sengketa Pilpres, Gibran: Kita Ikuti Prosesnya Saja

“Kami mendukung program Mas Wali soal sport tourism, Solo sangat layak menjadi tuan rumah. Tentunya dengan hadirnya 4.000-an wartawan di Solo bakal berdampak langsung pada ekonomi masyarakat Solo,” ujarnya.

Kontingen Tim Siwo PWI Surakarta saat berpose bersama sebelum keberangkatan di Porwanas XIII di Malang, Jatim. Foto/Wardoyo

Ia menambahkan meskipun belum ada pernyataan sikap langsung berupa pengiriman surat ke PWI Pusat, Ronald memastikan Solo sangat serius dalam menjadi tuan rumah Porwanas selanjutnya.

Dia meminta dorongan sejumlah pihak untuk mendukung Solo sebagai tuan rumah Porwanas selanjutnya.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan kesiapannya apabila Porwanas XIV ditarik ke Solo. Menurutnya banyak pekan olahraga berskala nasional yang sukses digelar di Solo.

“Sangat siap sekali diarahkan (Solo). Venue Solo juga sangat siap,” kata putra Presiden Joko Widodo itu. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com