JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Solo Siap Kucurkan Rp 100 Juta Untuk Bantu Korban Gempa Cianjur

Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka / Foto: Ando

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pemkot Solo siap mengucurkan dana Rp 100 juta untuk membantu korban gempa Cianjur. Dana tersebut akan diambilkan dari bantuan tak terduga (BTT) APBD 2022.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan pihaknya siap mengucurkan sejumlah dana segar sesuai dengan imbauan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

“Ya kita siap (membantu), sesuai imbauan Pak Menteri (Mendagri),” ujarnya, Kamis (24/11/2022).

Seperti diketahui, Mendagri mengimbau agar bantuan yang akan diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tidak berwujud barang melainkan uang tunai setidaknya senilai Rp 100 juta. Penyaluran dana bantuan tersebut dilakukan melalui mekanisme hibah kepada Bupati Cianjur, melalui Badan Pengelolaan Keuangan Daerah atau BPKD.

Baca Juga :  Kaesang Ingin Terjun ke Politik, Jokowi: Saya Enggak akan Ikut-ikut

Kemudian sumber dana bantuan itu dari Biaya Tak Terduga (BTT) yang dimiliki daerah dan disiapkan bila terjadi bencana. Gibran menambahkan, besaran dana bantuan yang disiapkannya dimungkinkan lebih besar daripada imbauan Mendagri.

Baca Juga :  Pengunjung Solo Safari Membeludak, Kasih Makan Otter Paling Banyak Diminati

“Untuk nilainya mau melebihi (Rp 100 juta) juga bisa. Itu segera kita koordinasikan ya, nanti saya komunikasikan dengan Pak Sekda,” imbuhnya.

Sementara itu, Gibran mengungkapkan beberapa relawan dari Solo telah dikirm ke Cianjur untuk membantu para korban gempa.

“Beberapa relawan sudah berangkat. Tapi itu baru relawan-relawan secara individu ya. Kalau memang diperlukan pengiriman relawan dari BPBD Solo ya kita siap memberangkatkan,” tukasnya. Prihatsari

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com