JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Tauma Gempa Susulan, Sejumlah Warga Cianjur Ini Terpaksa Ngungsi di Kandang Kambing

Kandang kambing ini dijadikan lokasi alternatif bagi warga Cianjur untuk berlindung dari bahaya gempa susulan / tribunnews
   

JAKARTA , JOGLOSEMARNEWS.COM Gempa bumi berkekuatan 5,6 yang mengguncang daerah Cianjur, Jawa Barat membuat trauma masyarakat yang menjadi korban.

Seperti yang terjadi pada warga warga di Kampung Warungbatu, Desa Mekarsari, Kecamatan Cianjur yang trauma akan adanya gempa susulan.

Saking takutnya, banyak warga yang  kemudian terpaksa mengungsi di kandang kambing.

“Ada sekitar 70 orang yang mengungsi di sini,” kata Iwan Yustiawan (36), seorang warga Kampung Warungbatu saat ditemui Tribunnews.com, Sabtu (26/11/2022).

Baca Juga :  Baru di Pilpres 2024 Ini MK Terima Amicus Curiae Paling Banyak

Pada sekarang ini bagi Iwan dan warga lainnya, yang paling mereka pentingkan adalah  keamanan daripada kenyamanan.

Berbagai gempa susulan yang kecil masih terus ada, namun Iwan merasa begitu aman karena resikonya jauh lebih kecil daripada ketika ia di rumah.

“Ya mau gimana, kondisi darurat. Rumah rusak, kalaupun ada yang masih bisa dihuni khawatir dan trauma karena masih ada gempa susulan,” ungkapnya.

Untuk kebutuhan logistik, mereka hanya mengandalkan bantuan dari relawan-relawan.

Baca Juga :  Putusan Sengketa Pilpres 2024, Tinggal Menunggu Hati Nurani dan Keberanian MK

“Kalau logistik sampai sekarang paling dapat dari relawan-relawan yang ngasih. Kita buat juga dapur untuk makan sehari-hari,” jelasnya.

Selain masalah keamanan dari gempa susulan, Iwan juga mengkhawatirkan kesehatan para pengungsi. Terlebih beberapa pengungsi terdiri dari balita dan anak-anak.

“Saat ini masih belum ada dampak untuk kesehatan. Cuman takutnya anak-anak yang sakit kalau terus-terusan tinggal di sini,” tukasnya, seperti dilansir Tribunnews. Firman Fajar W

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com