JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Tips Menghilangkan Lumut di Dinding dengan Bahan di Dapur

Cara membersihkan lumut
Ilustrasi lumut di dinding. Pixabay
ย ย ย 

JOGLOSEMARNEWS.COM Lumut merupakan organisme yang dapat tumbuh di berbagai media, seperti kayu, tanah, plastik, batu, ataupun tembok. Lumut tumbuh dengan cara menempel ke media seperti tembok dan lain sebagainya.

Lumut yang tumbuh dengan cara menempel di dinding akan membuat permukaan dinding menjadi rapuh dan terlihat jelek. Oleh karena itu, lumut yang tumbuh dan mengganggu sebaiknya dihilangkan.

Ada berbagai cara untuk menghilangkan lumut, mulai cara manual sampai dengan menggunakan bahan kimia tertentu.

Melansir dari The Old-House Journal, berikut cara menghilangkan lumut yang menempel di dinding rumah:

1. Membersihkan dengan manual

Untuk melakukan cara ini ada beberapa alat dan bahan yang Anda butuhkan seperti sikat, ember, dan pemutih. Langkah pertama basahi dinding Anda dengan air kemudian campurkan pemutih cucian dengan air, selanjutnya celupkan sikat dan mulai gosok dinding dari atas ke bawah. Setelah dirasa sudah tergosok semua, bilas dengan air bersih dan voilaa dinding kembali bersih tanpa lumut.

2. Menggunakan iron sulfat
Iron sulfat disebut pula dengan besi sulfat. Cairan ini dapat digunakan untuk membersihkan lumut yang menempel di dinding. Berikan cairan tersebut di dinding yang terdapat lumut, lalu biarkan selama beberapa waktu, terakhir bilas dengan air.

3. Menggunakan air garam

Selain digunakan untuk bahan masakan, garam ternyata juga ampuh untuk menghilangkan lumut yang menempel di dinding. Langkah pertama yang dilakukan adalah mencampur garam dengan air kemudian di siramkan pada dinding yang berlumut, lalu sikat hingga lumut hilang.

4. Cuka

Cuka adalah bahan dapur yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan lumut yang menempel pada dinding. Caranya cukup gampang, siramkan cairan cuka pada dinding berlumut, kemudian sikat dinding dan bilas dengan air bersih. Jangan biarkan cuka di dinding tanpa dibilas, karena dapat menimbulkan dinding menjadi keropos.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com