JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Banjir Karanganyar Musnahkan Impian jadi Pengusaha! 100.000 Lele, 400 Pohon Pisang dan 10.000 Lombok Ludes

Tanaman pisang Cavendish milik keluarga Dony Prabowo ludes dilanda banjir / Foto: Istimewa
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Meski banjir besar yang terjadi di Kabupaten Karanganyar, Jateng, Sabtu (24/12/2022) sudah berlalu namun masih menyisakan duka bagi keluarga Dony Prabowo ST (45) warga Perum Gaum, Tasikmadu.

Pasalnya, impian Dony Prabowo untuk mendapatkan hasil dari usaha beternak dan berkebun musnah sudah lantaran sebanyak 100.000 ekor lele usia sedang amblas terbawa banjir.

Selain itu sebanyak 1.000 ekor ikan gurameh siap panen juga lenyap terbawa banjir. Bahkan 10.000 tanaman lombok merah yang siap panen juga ludes mati terendam air bersama 400 pohon pisang Cavendish mati.

Jumlah kerugian ditaksir Rp 40 juta belum termasuk sewa lahan sawah seluas 3.000 meter untuk beternak dan bertanam sebesar Rp 3 juta.

Yang menyedihkan adalah bukan semata nilai kerugian tetapi ada yang lebih berarti yakni mimpi menjadi penguasaha ternak di tahap pemula musnah bukan beruntung seperti mimpinya namun justru merugi.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

“Ya keluarga kami syok dengan musibah banjir Karanganyar Sabtu sore (24/12/2022) karena hanya dalam waktu dua jam saja, impian keluarga menjadi penguasaha ternak dan tanaman sirna,” ungkap Dony Prabowo kepada  JOGLOSEMARNEWS.COM , Minggu (25/12/2022).

Kini lanjut Dony Prabowo, keluarga belum berpikir harus bagaimana memiliki modal untuk bangkit karena semua tabungan keluarga dicurahkan pada investasi tersebut dengan menyewa sawah tahunan sebesar Rp 3 juta per tahun.

Belum lagi trauma keluarga jika harus berinvestasi kembali karena modalnya pas-pasan takut jika suatu saat peristiwa banjir besar terulang kembali.

Apalagi lanjut Dony Prabowo  seringkali kawasan Perum Gaum, Tasikmadu dilanda banjir walaupun tak sebesar yang terjadi pada banjir Sabtu sore tersebut.

“Jujur saja kami masih bingung jika akan berinvestasi kembali,” tandas Dony Prabowo yang bekerja sebagai salah satu staf anggota DPR-RI dari Dapil Jateng 4 itu.

Baca Juga :  Tolak Tegas Keputusan KPU, TPN Ganjar-Mahfud Minta Prabowo-Gibran Didiskualifikasi

Padahal lanjut Dony, rencananya sewa lahan akan diperpanjang selama lima tahun sekalian dengan harapan semua bisa panen yang diperkirakan dua bulan lagi jika tidak tersapu banjir Sabtu sore tersebut.

Namun dengan musibah tersebut terpaksa rencana sewa lahan diurungkan karena masih trauma dan belum punya modal.

“Perkiraan kami jika panen omzet jual lele omset Rp 10 juta per panen, pisang Cavendish Rp 3 juta dan gurameh Rp 2 juta serta lombok merah sekitar Rp 4 juta namun semua sirna,” pungkas Dony Prabowo yang juga mantan Dosen sebuah universitas Kristen tersebut.

Sebagai informasi hujan deras Sabtu sore (24/12/2022) mengakibatkan sejumlah kawasan di Karanganyar terjadi banjir besar, yakni jalan Lawu mulai dari Papahan-Bejen sepanjang 2,5 Km.

Sedangkan di Perum Gaum dan kawasan selatan Taman Pancasila juga terjadi banjir besar.  Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com