JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

BAZNAS Karanganyar dan UMUKA Jalin  Kerjasama Pemberdayaan Mahasiswa Serta UMKM

BAZNAS Karanganyar dan UMUKA Jalin Kerja Sama Pemberdayaan Mahasiswa dan UMKM / foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Karanganyar dan Universitas Muhammadiyah Karanganyar  (UMUKA) sepakat melakukan kerjasama bidang pemberdayaan mahasiswa dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada tahun 2023.

Kerjasama itu dilakukan karena dua lembaga itu sama-sama memiliki peran pemberdayaan umat dalam hal ini pendidikan dan UMKM.

Rektor UMUKA Dr. Muhammad Samsuri M.S.I., mengatakan pihaknya telah beraudiensi dengan pimpinan BAZNAS untuk bisa mengambil peran bagi pemberdayaan pendidikan dalam hal penyaluran dana beasiswa BAZNAS untuk mahasiswa kurang mampu berasal dari Karanganyar.

Sebelumnya BAZNAS sudah menyalurkan beasiswa pelajar SD-SMA melalui Gerakan Nasional Orang Tua Asuh (GN-OTA).

Baca Juga :  Jaga Silaturahmi dan Kerukunan, Ratusan Guru dan Tenaga Kependidikan di Boyolali Ikuti Halal Bihalal

“Karena program Bapak Bupati melalui BAZNAS berupa Karanganyar Cerdas maka kami dari UMUKA menjalin kerjasama dengan BAZNAS agar bisa mengcover program Karanganyar Cerdas untuk beasiswa mahasiswa dalam hal ini UMUKA merupakan satu-satunya universitas yang ada di Karanganyar,” ungkap  Dr. Muhammad Samsuri, usai pertemuan dengan BAZNAS Karanganyar, Selasa (6/12/2022).

Muhammad Samsuri menjelaskan selain kerjasama sektor pendidikan juga dilakukan kerjasama sektor pemberdayaan UMKM karena UMUKA memiliki fasilitas  program studi terkait bisnis ekonomi,  program studi Bisnis Digital, Akutansi, Ilmu Komunikasi.

Juga UMUKA memiliki Radio H sehingga bisa digunakan sebagai sarana promosi pengembangan dan produk UMKM.

“Pada prinsipnya kerjasama ini untuk memajukan Karanganyar dari sektor pendidikan dan UMKM sehingga tinggal dilakukan penandatanganan MoU,” tandas Muhammad Samsuri.

Baca Juga :  Asrama Haji Donohudan Boyolali Siap Terima Kedatangan Calon Haji

Sementara itu Kepala BAZNAS Karanganyar, Dr. Kafindi M.Ag., mengatakan untuk program Karanganyar Cerdas dan Karanganyar Makmur bisa dilakukan kerjasama dengan UMUKA. Hanya saja besaran biaya beasiswa masih dihitung jumlah kuotanya.

“Insya Alloh kerjasama ini segera kita lakukan MoU BASNAS dengan UMUKA realisasi Tahun 2023,” ungkap Dr. Kafindi M.Ag., kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Namun demikian Dr. Kafindi M.Ag., menjelaskan untuk syarat beasiswa mutlak harus warga Karanganyar. Untuk itu pihaknya tengah menghitung alokasi anggaran yang bisa dikerjasamakan.

“Nanti detail teknisnya kita sampaikan menjelang penandatanganan MoU,” pungkasnya.. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com