JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Cara Jitu Hilangkan Rasa Pedas di Mulut

Ilustrasi makanan pedas. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Makanan pedas menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Rasa pedas bisa menjadikan makanan terasa lebih nikmat.

Tetapi jika sudah kalap makan makanan pedas, rasa pedas yang berlebihan dan terlanjur menempel di lidah menjadi sulit dihilangkan.

Rasa pedas disebabkan oleh senyawa bernama capsaicin yang terdapat di dalam cabai.

Jika Anda menghadapi situasi ini, ini beberapa tips untuk menghilangkan rasa pedas yang tak hilang-hilang di mulut.

  1. Minum Susu

Mengutip dari Eating Well, ada banyak bukti susu membantu meredakan makanan pedas. Sensasi pedas yang terkadang sangat menyengat umumnya ditemukan dalam cabai.

Capsaicin dalam cabai mengikat lidah dan menyebabkan sensasi nyeri yang kita artikan sebagai pedas. Susu dan produk susu mengandung protein yang disebut kasein yang mampu berikatan dengan capsaicin sebelum mencapai lidah, sehingga dapat mengurangi sensasi pedas.

  1. Jus Jeruk
Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

Capsaicin adalah molekul basa. Jadi memasangkannya dengan sesuatu yang asam, seperti jus jeruk atau cuka dapat membantu menetralkan sebagian panas.

Coba tambahkan jus lemon, jeruk nipis atau jeruk, atau jenis cuka apa pun yang sesuai dengan hidangan dan preferensi selera. Sama seperti asam, beberapa perasan air lemon juga membantu mengurangi rasa pedas makanan.

  1. Mentega Kacang

Dilansir dari Times of India, memasukkan selai kacang ke dalam piring untuk mengurangi bumbu, maka tidak akan merasakan selai kacang saat memakan hidangan tersebut. Alternatifnya bisa menggunakan mentega almond untuk hal yang sama. Rasa mentega bisa melunakkan rasa dan menetralkan bumbu.

  1. Asam
Baca Juga :  Biki Lezat dan Gurih, Ini Resiko Konsumsi Santan secara Berlebihan

Asam adalah zat asam seperti cuka, jeruk, atau bahkan saus tomat. Hanya satu atau dua sendok teh zat ini dapat menjadi cara yang bagus untuk menyelamatkan mulut dari kengerian makanan ekstra pedas.

  1. Makanan Manis

Selain mengonsumsi makanan manis setelah makan pedas, tambahkan makanan manis ke dalam makanan juga bisa dilakukan untuk menghindari bumbu tambahan.

Tambahkan gula, madu, atau jaggery ke dalam makanan untuk memberikan rasa yang lebih manis, tetapi perhatikan jumlahnya. Bukan hanya gula dan pengganti gula, bisa juga menambahkan pemanis alami seperti bawang merah dan tomat yang rasanya manis dan membantu menyeimbangkan rasa.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com