JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sakit Tenggorokan

Ilustrasi gorengan
Ilustrasi gorengan. Joglosemarnews.com/Aris Arianto
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Sakit tenggorokan atau radang tenggorokan akan membuat aktifitas menjadi terganggu. Penderita radang tenggorokan biasanya akan merasa tidak nyaman atau bahkan sakit saat menelan makanan.

Tentu saja kondisi ini sangat menganggu, terutama saat harus menyelesaikan berbagai pekerjaan atau aktivitas.

Saat mengalami sakit tenggorokan, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah makanan yang dikonsumsi. Karena makan makanan yang tidak tepat bisa menyebabkan gejala atau sakit tenggorokan menjadi semakin parah.

Ada berbagai makanan yang untuk sementara dihindari agar tingkat kesembuhan semakin cepat. Melansir eatthis.com, hli gizi Toby Amidor membuat daftar makanan yang perlu dihindari saat sakit tenggorokan.

1. Snack renyah

Makanan seperti keripik, kerupuk, dan makanan sejenis lainnya mungkin terasa tajam saat ditelan dan menyebabkan rasa sakit dan iritasi yang lebih buruk. Tepi bergerigi dari makanan ini bisa menusuk tenggorokan yang sudah sakit. Makanan yang lebih lembut cenderung lebih baik untuk sakit tenggorokan. Kalau ingin kerupuk atau keripik saat mengalami kondisi ini, celupkan ke dalam teh hangat untuk melembutkannya.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

2. Buah sitrus

Buah ini kaya dengan vitamin C, yang sangat bagus untuk saat sakit. Namun, jika keasaman buah-buahan segar seperti jeruk, lemon, dan limau meningkatkan rasa geli di tenggorokan saat memakannya, maka sebaiknya hindari sampai sakit tenggorokan mereda. Jus, es loli, dan smoothie yang dibuat dengan buah jeruk juga dapat menyebabkan iritasi, jadi tunda sementara jika mengganggu.

Tapi jika ingin mencoba meredakan sakit tenggorokan dengan jeruk, peras irisan ke dalam teh hangat atau bahkan dengan air hangat dan madu. Untuk meredakan sakit tenggorokan dengan jeruk, peras irisan ke dalam teh hangat atau air hangat dan madu.

3. Makanan asam

Sama seperti buah jeruk, makanan asam seperti saus tomat bisa mengiritasi tenggorokan. Jadi, hindari sementara sampai rasa sakit mereda.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

4. Makanan pedas
Bagi sebagian orang, ketika sakit tenggorokan perlu menjauhi saus pedas atau sriracha. Jenis makanan ini mungkin mengiritasi area di tenggorokan yang meradang atau semakin mengiritasi tenggorokan. Jadi, hilangkan rasa pedas dari makanan sampai sakit tenggorokannya hilang.

5. Sayuran mentah keras

Wortel dan batang seledri memang sehat, tetapi bisa mengganggu memakannya jika tenggorokan teriritasi. Jadi, daripada memakannya mentah, pilihlah sayuran yang dimasak atau bahkan sayuran yang dihaluskan seperti kentang tumbuk.

6. Gorengan

Meskipun ayam goreng dan onion ring enak dimakan saat sakit, lapisan kasarnya bisa mengiritasi sakit tenggorokan. Hindari sampai gejala mereda karena itu bukan pilihan yang paling sehat, terutama saat sakit.

Pilihlah makanan yang lebih sehat agar sakit tenggorokan cepat sembuh, seperti makanan bertekstur lembut agar gampang ditelan seperti makanan yang dikukus, direbus, atau makanan yang berkuah.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com