JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Dilibas Angin Puting Beliung, 23 Rumah di Kecamatan Kerjo, Karanganyar Porak-poranda

Kerusakan yang terjadi di eumah warga Kerjo, Karanganyar akibat puting beliung / Foto: Beni Indra

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM -Hujan disertai angin puting beliung memporak-porandakan sekitar 23 rumah diempay dusun yakni Dusun Derso dan Dusun Kerjo Desa Sumber Rejo, Kecamatan Kerjo, Karanganyar, Jateng, Selasa (14/12/2022).

Bahkan terdapat dua rumah yang rusak parah dan penghuni harus mengungsi karena atap (gunungan) rumah roboh dan banyak genting serta asbes beterbangan.

Ketua Rt01/04 Dusun Derso Desa Sumber Rejo, Sawali (45) mengatakan secara umum kerusakan parah yakni atap beterbangan dan terdapat dua rumah yang porak-poranda. Kedua rumah itu merupakan milik Muslimin (40) dan rumah milik Kadus Sumber Rejo, Eko Pono (46) yang rusak parah dan harus mengungsi karena atapnya ambrol air hujan masuk menggenang.

Baca Juga :  Pemadaman Api Dampak  Kebakaran Hutan Gunung Lawu Jatim Difokuskan Penyelamatan Sumber Air Milik Warga

“Dua dusun yang parah tersapu angin puting beliung yakni Dusun Derso dan Dusun Kerjo bahkan di Dusun Derso terdapat lebih dari 12 rumah yang terpantau rusak parah,” ungkap Ketua Rt01/04 Dusun Derso Desa Sumber Rejo, Sawali kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Selasa (14/12/2022).

Menurut Sawali hingga Selasa (14/12/2022) malam pukul 19.00 WIB warga bersama relawan dan kepolisian serta Koramil terus melakukan evakuasi puing-puing atap yang beterbangan.

Namun demikian warga bersyukur tidak ada korban jiwa meskipun kondisi rumah yang atapnya ambrol sangat mengerikan.

“Sampai malam ini di Dusun Derso aman tidak ada korban jiwa,” tandas Sawali.

Adapun kondisi di Dusun Kerjo Desa Sumber Rejo dilaporkan juga parah banyak atap rumah beterbangan. Selain itu banyak pohon tumbang menghalang jalan namun berhasil dievakuasi.

Baca Juga :  Kerahkan 150 Personel Secara Manual, Kebakaran Hutan di Perbukitan Tawangmangu, Karanganyar Berhasil Dipadamkan

“Untuk yang di Dusun Kerjo selain atap rumah beterbangan juga banyak pohon tumbang,” ungkap Ketua Forum Komunikasi Peduli Bencana (FKPB) Kecamatan Kerjo, Robingan (55) kepada JOGLOSEMARNEWS.COM .

Meski begitu masih ada Dusun Punthukrejo dan Dusun Kesongo Desa Sumber Rejo yang juga tersapu angin puting beliung. “Saat ini lagi pendataan mas serta evakuasi puing-puing,” tandas Robingan.

Sementara itu Kepala BPBD Karanganyar Bagus Darmadi mengatakan anggota BPBD sedang melakukan evakuasi.’ Untuk bantuan sudah kami kirim namun data menunggu up date,” ungkap Bagus Darmadi. Beni Indra

Bagi Halaman
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com