JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Fantastis, Hasil Lelang  11 Honda Win,  2 Honda Grand Serta 5 Mobil Tua Milik PUDAM Karanganyar Laku Sebesar Rp 359 Juta

Honda Win adalah salah satu kendaraan yang dilelang oleh (PUDAM) / Istimewa
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Pelaksanaan lelang motor dan mobil tua milik Perusahaan Umum Daerah Air Minum (PUDAM) Tirta Lawu Karanganyar berhasil terjual dengan nilai fantastis sebesar Rp 359,7 juta.

Nilai total tersebut berasal dari lelang kendaraan Honda WIN mulai Tahun 1992-2007 sebanyak 11 unit dan 2 Honda Grand Tahun 1993 sebesar Rp 94,7 juta serta lima unit mobil tua dari Suzuki Carry Pick Up, Daihatsu Feroza hingga Toyota Innova Tahun 2004 sebesar Rp 265 juta.

Adapun syarat peserta yang berhak melelang adalah karyawan PUDAM Tirta Lawu yang masa kerjanya minimal sudah diatas 10 tahun. Pun demikian hasil lelang naik 150% dari ekspektasi sebesar Rp 200 juta.

Direktur PUDAM Tirta Lawu Karanganyar Ir Prihanto mengaku  kaget dengan antusiasme karyawan yang  berani melelang dengan harga tinggi jauh diatas harga pasar.

Keberanian melelang dengan harga tinggi tersebut diduga karena ketertarikan pelelang dengan motor tua dan mobil tua.

“Saya kaget dan penasaran kenapa peserta berani melelang dengan harga tinggi jauh diatas harga pasar,” ungkap Ir Prihanto kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (30/12/2022).

Padahal lanjut Dirut Ir Prihanto, lelang itu dilakukan terbuka tapi untuk internal diikuti sekitar 150 karyawan tetapi mereka berani menawar dengan harga tinggi dan selanjutnya harus dibayar sesuai harga menang lelang.

“Ini diawasi oleh notaris dan ada akte jual belinya sehingga yang menang lelang harus membayar didepan notaris,” tandas Ir Prihanto. Dengan begitu hasil dari lelang tersebut masuk ke PUDAM Tirta Lawu.

Lebih lanjut Prihanto menjelaskan lelang terbuka internal akhir tahun itu ditujukan dalam rangka peningkatan pendapatan PUDAM dari sisi lelang kendaraan. Selain itu pelaksanaan lelang dilakukan terbuka disaksikan banyak wartawan dan juga notaris dengan harapan memberikan keteladanan keterbukaan selaku BUMD Pemkab Karanganyar.

“Ini bisa sebagai contoh bahwa BUMD PUDAM Tirta Lawu melaksanakan kegiatan akhir tahun dengan lelang secara terbuka transparan,” pungkas Prihanto.

Sementara itu Kabag Umum PUDAM Tirta Lawu Heru Widianto sekaligus Ketua panitia lelang, mengatakan.

peserta lelang bersaing ketat sehingga panitia harus cermat karena tak sampai satu menit penawaran terus naik setah dibuka harga dasar. ” Tadi penawaran seru terjadi pada lelang mobil Toyota Innova tahun 2004 bekas kendaraan operasional Dirut PUDAM dibuka harga dasar Rp 50 juta akhirnya terlelang Rp 82 juta.

Selain 18 kendaraan juga dilelang 5 HP dengan harga dasar Rp 100.000 namun terlelang Rp550.000 per unit. Juga dilelang CPU serta sepatu sport merk Nike terbaru miliik Direktur PUDAM Ir Prihanto.

“Untuk sepatu terlelang Rp650.000,” pungkasnya. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com