JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Hanya di Sragen, Ada Robot Cerdas Bisa Tagih Tunggakan Pajak Hingga Rp 11 Miliar

Ilustrasi robot cerdas. Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kabupaten Sragen seolah tak pernah sepi inovasi. Kali ini, sebuah terobosan baru dalam hal penertiban pajak muncul melalui robot virtual.

Inovasi yang ditelorkan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPBD) itu diklaim cukup efektif membantu menagih tunggakan pajak bumi bangunan (PBB) hingga Rp 11 miliar.

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati menjelaskan inovasi robot virtual penagih pajak trobosan dari BPKPD itu merupakan engine software cerdas yang bisa melakukan prosedur penagihan pajak daerah layaknya manusia.

Robot ini mampu membaca data yang terintegrasi dengan database pajak daerah dengan BPD Jateng.

Baca Juga :  Harga Gas Melon di Sragen Naik 100% Jadi Rp 30.000 Selama Idul Fitri, Politikus Nasdem Bongkar Penyebabnya

“Robot ini mampu mengubah prosedur penagihan pajak dari paperbased menjadi paperless dan mengubah proses manual menjadi elektronik. Robot virtual ini merupakan inovasi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah,” paparnya.

Bupati menjelaskan robot itu sudah pernah diujicoba pada 2020. Selama sebulan ujicoba ternyata cukup efektif karena bisa mendongkrak penerimaan pajak bumi dan bangunan hingga mencapai Rp 8,39 miliar.

“Robot ini bekerja 24 jam non stop setiap hari dengan mengandalkan alat kerja berupa server, engine software cerdas, WhatsApp Gateway, dan Simcard,” paparnya

Bupati mengklaim penggunaan robot itu benar-benar memudahkan dan mengakselerasi penerimaan pajak daerah.

Baca Juga :  Tanpa Restu Bapak, Untung Wina Sukowati Calon Bupati Sragen 2024 Nekat Maju Lewat Partai Demokrat: Ini Tekat Saya Sendiri

Proses alur penagihan biasa butuh waktu sampai delapan hari ternyata bisa dipercepat menjadi hanya dua menit dan praktis tidak membutuhkan anggaran dalam penagihan untuk cetak kertas.

“Dampak yang dirasakan bagi Pemerintah Daerah berupa peningkatan PAD sampai Rp 11,48 miliar. Selain itu, Robot ini juga menjadi solusi atas permasalahan keterbatasan sumber daya manusia (SDM) dan meningkatkan pelayanan pajak daerah,” lanjutnya.

Kepala BPKPD Sragen, Dwiyanto mengakui inovasi robot virtual itu sangat membantu dalam upaya memaksimalkan tagihan pajak.

Ia menyebut sejak adanya robot itu, tunggakan PBB bisa terkikis. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com