JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Jejak Langkah Solo Menuju Kota Pariwisata

Pesta Kembang Api saat closing ceremony Asean Paragames. Foto: dok Inaspoc
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Belakangan, Kota Solo makin bergerak dinamis dan terus bertumbuh. Dapat dilihat, setiap bulan hampir selalu digelar acara berlevel nasional hingga internasional.

Maraknya kegiatan tersebut makin memantabkan Solo bukan hanya sebagai kota Meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE), namun juga kota seni, mudik dan olah raga.

Dalam seni musik ada konser musik cadas Dream Theater yang disusul dengan Rock in Solo dan perayaan 3 dekade Dewa 19 yang mampu membetot perhatian masyarakat.

Sementara melalui Asean Para Games 2022, Solo berhasil membuktikan sebagai sport tourism yang sebelumnya diwacanakan sebagai program andalan.

Keberhasilan event-event tersebut sudah tentu tak lepas dari sinergi dan kolaborasi yang baik antara Pemkot Surakarta, Dinas Kebudayaan & Pariwisata Surakarta, serta Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Solo.

Di bawah kepemimpinan Retno Wulandari, BPPD Solo serius menggagas program yang selalu diawali dengan riset. Satu di antaranya adalah Surakarta city branding toward wellness tourism, serta riset potensi pasar destinasi wisata Solo Raya.

Program-program berkembang bagus dengan kolaborasi yang dilakukan pula dengan pihak luar. Di antaranya kerja sama dengan BPPD Jatim, BPPD Provinsi DIY serta BPPD Kota Yogyakarta.

Retno Wulandari menilai ada tiga komponen penting untuk mendorong pengembangan pariwisata Kota Solo. Ketiganya berupa attractions, amenity dan accessibility.

Salah satu yang terus didorong adalah soal akses, khususnya penerbangan internasional agar mampu menggaet wisatawan mancanegara. Hal itu dilakukan demi mewujudkan mimpi Solo sebagai Kota Pariwisata.

Baca Juga :  Mangkunegara X Jadi Salah Satu Calon Walikota Solo Paling Dominan, Gibran Sebut Akan Ada Kejutan

Beberapa program yang dilakukan untuk pengembangan Solo sebagai Kota Pariwisata dapat dilihat dari jejak-jejak berikut ini:

 

  1. Pameran UMKM dan Pentas Java in Paris

Pameran UMKM Solo dan pentas seni di pusat perbelanjaan Le BHV Marais, Paris, dengan tema Java in paris, Juli 2022.

  1. Asean Para Games 2022

Pesta olahraga bagi penyandang disabilitas terbesar di Asia Tenggara, Juli-Agustus 2022 yang diikuti oleh 1.648 atlet dari 11 negara.

 

  1. Konser Metal Dream Theater

Konser grup metal asal Negeri Paman Sam di Stadion Manahan, Rabu (10/8/2022) yang mampu menyedot ribuan penikmat musik cadas dari berbagai kota di Tanah Air.

 

  1. Solo International Performing Arts 2022

Event rutin Kota Solo yang digelar secara luring di Benteng Vastenburg pada 8-10 September 2022.

 

  1. Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah

Solo terpilih sebagai kota penyelenggara Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah. Event ini mendatangkan hampir 3 juta peserta dan penggembira pada Jumat-Minggu (18-20/12/2022).

 

  1. Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

Destinasi wisata religi di Gilingan, Banjarsari. Peresmiannya dihadiri Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) dan Presiden Joko Widodo beserta jajaranya, Senin (14/11/2022).

 

  1. World Peace Forum 2022

Event internasional The 8th World Peace Forum (WPF) di The Sunan Hotel Solo, Kamis (17/11/2022). Dihadiri tokoh lintas agama dari berbagai negara.

Baca Juga :  PDIP Buka Pendaftaran Bakal Cawali-Cawawali, Diah Warih: Pilkada Solo Kian Menarik

 

  1. TIIWG G20

Forum Trade Investment and Industry Working Group (TIIWG) Group of Twenty (G20), awal Juli 2022. Menghadirkan 39 delegasi dari 39 negara di dunia.

 

  1. IWCT 2022

Tindak lanjut program Wellness Tourism berupa acara International Wellness Tourism Conference and Festival (IWTCF) 2022 di Alila Solo Hotel, Agustus 2022

 

  1. Taman Megah Pura Mangkunegaran

Taman Pracima dibangun di kompleks Pura Mangkunegaran Solo, ditargetkan selesai pada Desember 2022.

 

  1. Atraksi Prajurit Keraton Solo

Atraksi Peajurit Keraton Solo sebagai wisata atraksi andalan Kota Solo. Digelar setiap akhir pekan di Kompleks Keraton Kasunanan Surakarta.

 

  1. Kendaraan Wisata Berbasis Listrik

Wisata Solo dilengkapi dengan kehadiran kendaraan wisata berbasis listrik yang beroperasi setiap akhir pekan dan hari libur nasional.

 

  1. Redesain Logo dan Maskot Solo

Pemkot Solo mengumumkan rebranding logo Solo The Spirit of Java dan desain Maskot Canthik Rojomolo 2022, Sabtu (3/12/2022). Logo baru tersebut diharapkan bisa membawa Solo lebih segar, kekinian, dinamis, kreatif dan modern.

 

  1. Kolaborasi Lintas Wilayah

Penandatanganan MoU pariwisata dengan BPPD Jatim, BPPD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) serta BPPD Yogyakarta.

 

  1. Solo Virtual Tour 360 Derajat

Konsep virtual tour yang dibuat dengan panorama 360 derajat sehingga mendapatkan pengalaman seperti berada di tempat wisata. (Redaksi)

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com