JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Manfaat Air Nira untuk Kesehatan, Mulai Kurangi Tekanan Darah hingga Cegah Kanker

Penyadap mengumpulkan air nira yang telah di sadap di perkebunan kelapa, di desa Muncar, Banyuwangi, 19 Oktober 2014. Dalam sehari penyadap nira mampu mengolah gula kelapa sebanyak 40 KG dari hasil mengumpulkan nira pada 50 batang pohong kelapa. Tempo.co
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Air nira berasal pengendapan getah tandan bunga keluarga palma seperti aren, kelapa, sagu siwalan dan sebagainya. Air nira biasanya disajikan sebagai minuman tradisional pelepas dahaga di siang hari.

Air nira yang berasal dari Aren memiliki rasa yang manis dan warna yang bening. Selain diminum langsung air nira aren biasa dijadikan sebagai bahan utama untuk membuat gula merah.

Selain dijadikan gula merah, air nira juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Melansir dari Getatoz, berikut manfaat air nira bagi kesehatan :

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Air nira mengandung vitamin dan mineral yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tubuh bisa menangkal berbagai macam penyakit.

2. Mencegah kanker

air nira juga mengandung fitokimia dan antioksidan yang tinggi, serta bisa membantu melawan radikal bebas terhadap sel-sel dalam tubuh sehingga dapat membantu mencagah berbagai jenis kanker dalam tubuh seperti kanker paru-paru, kanker rongga mulut, dan kanker usus.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

3. Mengurangi tekanan darah

Potasium yang sangat tinggi pada air nira dapat mengurangi ketegangan pembuluh dara sehingga dapat memperlancar sirkulasi darah melalui arteri, sehingga mengurangi tekanan sistem kardiovaskular kita dan menurunkan tekanan darah.

4. Menjaga kesehatan kulit

Rutin mengonsumsi air nira terbukti bisa menjaga kesehatan kulit karena kandungan antioksidan dalam air nira bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

5. Menjaga kesehatan mata

Dalam beberapa penelitian menunjukkan bahwa dengan rutin mengkonsumsi air nira tidak hanya dapat membantu meningkatkan penglihatan, namun juga dapat mencegah berbagai jenis penyakit mata seperti katarak dan degenerasi makula.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

6. Baik untuk penderita diabetes

Air nira mengandung indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah ukuran seberapa cepat dan seberapa tinggi suatu makanan dapat meningkatkan kadar glukosa dengan melepaskan glukosa ke dalam sistem peredaran darah. Jadi penderita diabetes masih bisa merasakan makanan manis tanpa menyebabkan lonjakan kadar glukosa.

7. Mencegah risiko anemia

Air nira juga memiliki kandungan zat besi dan vitamin K yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah risiko kekurangan darah atau anemia.

8. Meningkatkan kesehatan tulang

Kandungan kalsium juga ditemukan dalam air nira. Di mana, dengan mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dapat membantu dalam peningkatan kualitas tulang dan mencegah osteoporosis.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com