JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah

Natal 25 Desember 2022, Kota Kebumen Diguncang Gempa M5,1

gempa
Ilustrasi gempa. Foto: pixabay.com
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM Hari Natal 25 Desember 2022 di Kota Kebumen, Jawa Tengah sempat diwarnai dengan bencana gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,1.

Menurut catatan BMKG, pusat gempa berada di laut, pada jarak 151 kilometer arah selatan Kebumen Kota pada pukul 03.57 WIB.

Guncangan gempa sempat menggetarkan Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, Cilacap, Kecamatan Ayah (Kebumen), dan Kebumen Kota.

Data BMKG menyebutkan pusat gempa di Hari Natal ini berada di kedalaman 37 kilometer.

Baca Juga :  Duh, Tragis! Mayat Seorang Wanita Dicor di Dalam Rumah di Sulsel

“Jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menujam di bawah Lempeng Eurasia,” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dalam keterangan tertulis yang dibagikannya pagi ini.

Getaran skala III MMI yang bisa dirasakan di permukaan setara getaran yang dirasakan nyata di dalam rumah seakan akan truk berlalu. BMKG menyatakan tak ada potensi tsunami, juga belum menerima informasi dari lapangan jika gempa sampai bersifat merusak.

Baca Juga :  Usai Laporkan Dugaan Perselingkuhan Suami, Isteri TNI Ini Malah Jadi Tersangka, Begini Penjelasan Polda Bali

Gempa terkini terjadi setelah sepanjang dua hari sebelumnya gempa yang bisa dirasakan didominasi gempa-gempa susulan di Cianjur, Jawa Barat; Karangasem, Bali; dan Tarutung, Sumatera Utara. Di antara mereka, terkuat pada skala IV MMI dari gempa M3,8 di Tarutung, yang terjadi pada Jumat pagi, 23 Desember 2022.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com