JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Pemutaran Film Paska FFP di Tambaksari Cilacap, Upaya Menepati Janji Almarhum Insan

Warga tampak antusias menonton film di Balai Desa Tambaksari Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap / Tribunnews
   

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM Program Pemutaran Paska Festival Film Purbalingga kembali menggelar layarnya di Balai Desa Tambaksari, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Rabu (30/11/2022) malam.

Pemutaran film ini juga membawa misi menepati janji almarhum Insan Indah Pribadi Presiden Sangkanparan Cilacap yang berencana memutar film di Ekowisata Tambaksari yang merupakan binaan dari Komite Ekonomi Kreatif Cilacap yang diketuainya.

“Kegiatan pada malam hari ini tak lepas dari peran sahabat kita yang sudah mendahului kita, Mas Insan Indah Pribadi. Suatu hari, almarhum sempat berjanji akan memutar film di Tambaksari,” tutur Elis Siti Soelistyaningsih, S.H., S.Pd., M.Hum salah satu anggota Komite Ekraf.

Pemutaran ini merupakan titik kelima dari Paska FFP. Di Tambaksari FFP memutarkan film Kompetisi FFP 2022, “Kepungan”, “Katula”, “Dol”, “Sepuh”, “Wek Wek”, dan “Pada Hari Minggu”. Selain itu diputarkan film “Maos” sutradara Insan Indah Pribadi produksi Sangkanparan.

Baca Juga :  Siswa Siswi Kelas 4 SDIT Nur Hidayah Surakarta Ikuti Halal Bi Halal dan Sungkeman

Dari kegiatan pemutaran film ini, harapannya kedepan bisa menumbuhkan semangat berliterasi menggunakan medium film.

“Kami berharap, mudah-mudahan ke depan tumbuh kelompok pemutar dan pembuat film di desa ini,” harap Elis.

Diungkapkan salah satu penonton, film-film yang dibuat oleh para pelajar ini juga bisa lebih luas lagi capaiannya sehingga semakin banyak masyarakat yang teredukasi dengan film.

“Terlebih film-film yang diputar dibuat oleh para pelajar. Saya sendiri pelajar sehingga berharap teman-teman saya juga menontonnya,” kata Ratna Surgawi Maharani warga Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Dayeuhluhur.

Baca Juga :  DKV ISI Surakarta Gelar Rakor Bahas Sebaran Mata Kuliah Tahun Ajaran 2024/2025

Hal ini selaras dengan film yang tidak hanya sebagai media hiburan, namun juga bisa menjadi tuntunan hingga media promosi.

“Terlebih di Desa Tambaksari ada ekowisata yang nantinya membutuhkan strategi promosi dan film mampu menjadi media promosi itu,” jelas Nanki Nirmanto selaku Direktur FFP.

Pemutaran ini merupakan program Pasca FFP 2022 kerjasama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolori (Kemdikbudristek), Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan Program Strategis Dana Indonesiana. Selain itu, bekerjasama dengan Kedung Film Kebumen, Sangkanparan Cilacap, Art Film Banjarnegara, dan Bioskop Misbar Purbalingga. Firman Fajar W

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com