JOGLOSEMARNEWS.COM Sport

Piala AFF 2022: Ditahan Imbang Oleh Thailand, Shin Tae-yong Janji Bawa Timnas Indonesia Kalahkan Filipina

Shin Tae-yong. Twitter
Shin Tae-yong. Twitter
   

Jakarta, JOGLOSEMARNEWS.COM Shin Tae-yong, Selaku Pelatih timnas Indonesia merasa gregetan melihat tim asuhannya gagal meraih kemenangan melawan Thailand dalam pertandingan di Grup A Piala Mitsubishi Electric AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Kamis, 29 Desember 2022.

Pada laga itu, Timnas Indonesia hanya mencetak satu gol padahal memiliki sejumlah peluang mencetak gol dan unggul jumlah pemain setelah Sanrawat Dechmitr diusir wasit karena melakukan pelanggaran kepada Saddil Ramdani pada menit ke-62.

Satu-satunya gol Indonesia dicetak oleh Marc Klok melalui tendangan penalti pada menit ke-50 yang kemudian berhasil disamakan oleh Thailand melalui Sarach Yooyen pada menit ke-79. Meski kalah jumlah pemain, tim asuhan Alxandre Polking tetap mampu mencetak gol balasan.

Di babak pertama, Indonesia sebenarnya memiliki peluang emas mencetak gol lebih dulu pada menit ke-38. Witan sudah berhasil merebut bola dari kiper Thailand, Kittipong Phoothawchue, tetapi bola sepakannya ke arah gawang yang sudah kosong melebar.

Menyaksikan momen itu, Shin Tae-yong yang semula berdiri, menjatuhkan lututnya ke tanah, lalu kedua telapak tangannya juga menyentuh tanah dan kepalanya tertunduk.

“Saya rasanya mau turun bermain lagi di lapangan (ketika lawan Thailand-red),” ujar Shin Tae-yong seusai laga melawan Thailand.

Jika berhasil mengalahkan Thailand di laga itu, skuad Garuda akan memastikan lolos ke semifinal Piala AFF 2022 dengan perolehan sembilan poin. Namun, dengan hasil imbang 1-1, Indonesia tetap di posisi kedua di bawah Thailand meski sama-sama mengemas tujuh poin karena kalah selisih gol.

Di laga terakhir fase grup, timnas Indonesia menghadapi Filipina di Stadion Rizal Memorial, Manila, pada Senin, 2 Januari 2022, mulai 19.30 WIB. Sementara, Thailand akan bermain di kandang menjamu Kamboja pada waktu yang sama.

Timnas Indonesia akan lolos ke semifinal Piala AFF 2022 jika berhasil terhindar dari kekalahan atas Filipina. Namun, untuk bisa lolos sebagai juara Grup A, tim asuhan Shin Tae-yong harus bisa menang dengan selisih gol melampaui Thailand pada pertandingan terakhirnya melawan Kamboja.

“Tidak usah khawatir, kami harus menang,” kata Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia saat ini berada di urutan kedua dengan dengan tujuh poin dari tiga laga (selisih gol +8) di bawah Thailand dengan poin sama tetapi unggul selisih gol (+9).

Kamboja menguntit dari peringkat ketiga dengan enam poin dari tiga laga (+4). Filipina di posisi keempat dengan tiga poin dari tiga laga (selisih gol -1) dan Brunei Darussalam di dasar klasemen dengan nol poin dari empat laga (selisih gol -20).

Timnas Indonesia di bawah Shin Tae-yong yang sebelumnya finis sebagai runner-up Piala AFF 2020 yang digelar di Singapura pada akhir tahun lalu tembus awal tahun 2022, ditargetkan bisa meraih gelar juara Piala AFF 2022.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com