JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sayur Lodeh dan Gereh Udoh, Menu Spesial Perekat Sinergitas Muspika Kedawung Tiap Jumat

Camat Kedawung, Endang Widayanti (jilbab merah) bersama Kapolsek dan Danramil serta jajaran maupun PNS di Muspika Kedawung saat sarapan bareng usai kerja bakti bersama di acara Jumat Berkah di kantor kecamatan setempat, Jumat (23/12/2022). Foto/Wardoyo
   

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Ada tradisi unik yang berjalan di Muspika Kecamatan Kedawung Sragen.

Setiap hari Jumat, tiga unsur penopang yakni Camat, Polsek dan Koramil kecamatan itu ternyata selalu kompak berkumpul bersama.

Momen kebersamaan itu terjalin berkat kegiatan Jumat Berkah yang dirintis sejak tiga bulan lalu. Menariknya, kekompakan tiga unsur itu dijalin lewat menu sederhana yang dibuat secara saweran.

“Iya, jadi setiap hari Jumat, kami semua jajaran dari elemen Muspika yaitu kecamatan, Polsek, Koramil ditambah KB selalu berkumpul bersama. Diawali senam pagi bersama, lalu kerjabakti dilanjutkan sarapan bareng. Menunya sayur lodeh, gereh udoh (ikan asin), tempe atau tahu nanti disantap ramai-ramai,” papar Camat Kedawung, Endang Widayanti, di sela kegiatan Jumat Berkah yang digelar di basement Kantor Kecamatan Kedawung, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga :  Wahyu alias Kenyung, Pelaku Hipnotis Nenek di Plupuh Sragen Berhasil Ditangkap di Magetan Jawa Timur Oleh Tim Macan Putih!

Camat yang dikenal enerjik itu menuturkan kegiatan Jumat Berkah itu dirintis sejak kali pertama dirinya menjabat di Kedawung 3 bulan lalu.

Ide itu muncul untuk menumbuhkan semangat kekompakan dan guyub rukun di semua keluarga besar Muspika Kedawung.

Camat Kedawung, Endang Widayanti (jilbab merah) bersama Kapolsek dan Danramil serta jajaran maupun PNS di Muspika Kedawung saat berpose bersama di acara Jumat Berkah di kantor kecamatan setempat, Jumat (23/12/2022). Foto/Wardoyo

Setiap hari Jumat, tak kurang dari 60 orang hadir dalam kegiatan itu. Semua pejabat dan PNS di kecamatan, Kapolsek dan anggota hingga Danramil berikut personel ditambah para Kades, selalu menyempatkan ikut.

Untuk lokasi, biasanya digelar di basement kecamatan. Namun kemudian ada usulan dari Kapolsek untuk Minggu kedua ditempatkan bergilir ke Polsek.

Baca Juga :  Jalan Desa di Sragen Semakin Mulus dengan Pintas Pinggiran, Apa Itu?

“Untuk menunya hasil saweran ramai-ramai. Nanti dapatnya berapa, yang masak staf kami Mas Yanto penjual HIK Pendowo itu. Menunya yang utama ya itu, sayur lodeh, gereh udoh, kadang tambah tempe, tumpang atau pecel,” urainya.

Kapolsek Kedawung saat menyantap menu andalan sayur lodeh di acara Jumat Berkah Muspika Kedawung. Foto/Wardoyo

Endang menambahkan lewat kegiatan Jumat Berkah itu, diharapkan makin mempererat sinergitas dan menjaga kekompakan di antara tiga pilar penopang Muspika.

“Filosofinya, makan sama sayur lodeh dan gereh udoh pun akan nikmat kalau disantap bareng dalam suasana guyub rukun. Sehingga 4 kesatuan ini jadi keluarga yang tak terpisahkan,” imbuhnya. Wardoyo

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com