JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Sederet Manfaat Buah Kersen, Turunkan Gula Darah hingga Atasi Anemia

Ilustrasi buah talok atau kersen. Wikipedia
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Pohon karsen atau sering disebut talok, merupakan tumbuhan liar yang bisa tumbuh di mana saja. Karena dianggap tumbuhan liar, pohon karsen dipandang sebelah mata oleh banyak orang.

Meski begitu, buah pohon kersen ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Pohon karsen kerap tumbuh di pinggir jalan, jika sudah matang buahnya akan berwarna merah tua, buah berukuran kecil mirip ceri ini memiliki rasa manis dan kaya akan antioksidan.

Nutrisi yang terkandung dalam buah kersen pun banyak, mulai dari asam askorbat, serat, niasin dan betakaroten; serta fitokimia seperti flavonoid, tannin, triterpene, saponin, dan polifenol. Berikut adalah manfaat-manfaaat buah kersen yang jarang diketahui:

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Jaga kesehatan jantung

Melansir diskes.badungkab.go.id, buah kersen mengandung segudang nutrisi yang memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya kebocoran enzim sehingga berguna untuk melindungi organ jantung.

Turunkan kadar gula darah

Buah kersen merupakan buah yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Mengutip bamai.uma.ac.id, buah kersen diperkaya zat anti-diabetes, seperti asam askorbat, serat, beta-karoten, riboflavin, dan tiamin. Selain itu, kandungan niacin dalam buah ini dapat mengontrol kadar gula darah dan mencegah hiperglikemia.

Tingkatkan kekebalan tubuh dan mencegah infeksi

Buah kersen dikenal karena kadar antioksidan yang tinggi dan baik untuk tubuh. Melansir dari healthbenefitstimes.com, buah kersen dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melinduni dari penyakit. Buah kersen turut mengobati flu, pilek, sakit kepala, dan infeksi lainnya.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

Atasi penyakit anemia

Dilansir dikes.badungkab.go.id, kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam buah kersen dapat membantu untuk mengatasi dan mencegah penyakit anemia atau kurang darah. Kandungan zat besi tersebut turut membantu proses produksi sel-sel darah merah di dalam tubuh.

Jaga kesehatan sistem pencernaan

Buah kersen merupakan buah yang diperkaya oleh sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba. Dilansir krishijagran.com, sifatnya ini membuat buah kersen dapat membantu mencegah dan mengobati tukak lambung dengan menghilangkan bakteri berbahaya. Selain itu, buah kersen juga dapat mengurangi risiko mengembangkan masalah pencernaan bakteri lainnya dan meningkatkan kesehatan usus.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com