JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Segudang Manfaat Daun Kemangi, Bisa Redakan Masuk Angin

daun kemangi
daun kemangi. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Tanaman kemangi merupakan tumbuhan aromatik yang berasal dari benua Asia dan Afrika. Di Indonesia tanaman ini banyak tumbuh di pekarangan rumah atau sengaja ditanam.

Selain dijadikan sebagai bumbu, daun kemangi biasanya dijadikan lalapan atau pelengkap sajian makanan. Daun kemangi memiliki rasa yang segar, tetapi dibalik rasa itu, daun ini menyimpan berbagai manfaat kesehatan.

Tanaman kemangi memiliki prospek yang baik untuk dikembangkan sebagai tanaman obat, bisa menjadi pestisida alami, hingga untuk bidang pangan. Karena khasiatnya kemangi banyak diproduksi dalam bentuk kapsul sebagai suplemen maupun obat herbal.

Mengutip dari buku “Untung Berlipat dari Budi Daya Kemangi & Selasih”, ada beberapa manfaat dari daun kemangi diantaranya adalah :

1. Meredakan Demam dan Masuk Angin

Daun kemangi bisa digunakan mengobati balita yang mengalami demam maupun masuk angin. Fitonutrien yang terkandung dalam daun kemangi dipercaya dapat mengobati demam malaria dan demam berdarah.

2. Menyehatkan Mata dan Mulut

Buah kemangi mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata seperti mengobati infeksi mata, meredakan mata stress dan mencegah gangguan lain pada mata. Tak hanya itu, daun kemangi juga dapat menyegarkan bau mulut karena aromanya yang sedap.

3. Antiinflamasi

Daun kemangi memiliki kandungan antiinflamasi yang mampu mengobati penyakit bengkak dan meredakan radang sendi. Kemangi juga mengandung kalsium yang baik untuk mencegah osteoporosis.

4. Mengatasi Stroke

Daun kemangi mengandung isoflavon yang dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (arteri) pada pasien stroke.

5. Antioksida

Daun kemangi mengandung antioksidan yang baik untuk menghalau radikal bebas, antioksidan yang terdapat pada daun kemangi adalah jenis flavonoid dan eugenol yang mencegah virus, bakteri dan jamur.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com