JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Survei Terbaru Capres: Anies Mulai Salip Prabowo, Ganjar Unggul 8 %

Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Foto kolase/Wardoyo
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Lembaga survei Charta Politika Indonesia kembali merilis hasil survei terbarunya terhadap elektabilitas para kandidat yang disebut berpeluang besar menuju Pilpres 2024.

Hasil terbarunya, elektabilitas Mantan Gubernur DKI, Anies Baswedan mulai melesat dengan melampaui Ketum Gerindra, Prabowo Subianto.

Namun, elektabilitas Anies masih berada di bawah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang berada di posisi teratas.

Ganjar masih diposisikan di peringkat teratas dengan elektabilitas sebesar 37 persen. Di urutan kedua, Anies Baswedan membuntuti dengan melesat meraih 29,2 persen.

Elektabilitas Anies melampaui posisi Prabowo Subianto yang merosot ke urutan tiga dengan elektabilitas 26,1 persen.

Berdasarkan survei tersebut, elektabilitas Anies juga menunjukkan tren peningkatan berbanding terbalik dengan Prabowo yang cenderung turun.

Sementara, dari simulasi 10 nama capres, Anies juga menggeser posisi Prabowo dari peringkat dua pada periode September-November 2022.

Baca Juga :  Diduga Catut Nama Dosen di Malaysia, Prof Kumba Akhirnya Mundur dari Jabatan Dekan FEB Unas

Pada periode ini, elektabilitas Anies meningkat dari 20,6 persen menjadi 23,1 persen.

Sementara elektabilitas Prabowo mulai menurun dari 24,4 persen menjadi 22 persen. Anies terus menduduki peringkat dua hingga Desember ini.

Dalam pengantarnya, Survei Charta Politika menyebutkan survei digelar pada 8-16 Desember 2022 dengan wawancara tatap muka.

Jumlah responden sebanyak 1.220 orang dengan margin or error sebesar 2,82 persen.

Elektabilitas Anies yang meningkat juga terlihat dari Survei Saiful Mujani Research and Consulting atau SMRC.

Dalam survei ini Anies menempati urutan kedua dengan suara sebesar 28,1 persen alias meningkat dari yang sebelumnya 23,5 persen pada Mei 2021.

Anies menyalip calon presiden usungan Partai Gerindra Prabowo Subianto yang berada di urutan ketiga dengan elektabilitas 26,1 persen. Padahal sebelumnya, elektabilitas Prabowo pada Mei 2021 masih memimpin dengan suara sebesar 34,1 persen.

Baca Juga :  Ingat Bharada Richard Eliezer di Kasus Ferdy Sambo? Kini Resmi Menikah dan Pindah Agama

Dalam survei SMRC ini, Ganjar Pranowo masih menempati urutan teratas dengan mendulang elektabilitas33,7 persen. Suara Ganjar meningkat dari yang sebelumnya 25,5 persen.

“Jaraknya tidak jauh beda antara Anies dengan Ganjar 5 persen, kemudian Anies dengan Prabowo hanya 2 persen. Sangat ketat,” kata Deni saat memaparkan hasil survei melalui Youtube SMRC TV, Selasa (20/12/2022).

Deni menjelaskan, dari perbandingan hasil survei pada Mei 2021 hingga Desember 2022, perubahan preferensi pemilih tertangkap jelas. Anies Baswedan menyalip posisi Prabowo Subianto, namun Ganjar Pranowo masih memimpin.

Akan tetapi, kata Deni, posisi Ganjar di peringkat satu belum bisa dibilang aman. Pasalnya, Anies membuktikan bisa menyalip Prabowo di peringkat dua.

“Namun bukan berarti Ganjar akan aman kalau Anies masuk ke posisi dua, kita tidak tahu apa yang terjadi pada bulan-bulan berikutnya,” ujarnya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com