JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Pantura

1 Orang Tewas Terseret Banjir di Tegalsumur Brati Grobogan, Korban Nekat Seberangi Arus Deras Dusun Nglirian

Terseret banjir
Sepeda motor terseret banjir di Tegalsumur Brati Grobogan. Dok. BPBD Kabupaten Grobogan
   

GROBOGAN, JOGLOSEMARNEWS.COM – Setidaknya satu orang tewas terseret banjir di Tegalsumur Brati Grobogan, Jateng. Diketahui korban nekat menyeberangi arus deras dekat jembatan Dusun Nglirian.

Bencana hidrometeorologi berupa banjir di Tegalsumur Brati Grobogan, terjadi setelah hujan lebat mengguyur wilayah Desa Tegalsumur pada Kamis (5/1/2023).

“Tingginya curah hujan kemudian mengakibatkan sungai di Dusun Ngiliran meluap dan menyebabkan banjir bandang,” jelas Abdul Muhari,Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (7/1/2023).

Sementara itu, kronologi kejadian warga terseret banjir di Tegalsumur Brati Grobogan menurut kepala desa setempat bahwa korban biasanya pulang kerja sekitar pukul 19.00 WIB. Korban diduga terseret arus saat nekat menerobos banjir bandang dan menyeberangi jembatan bawah Dusun Nglirian.

Korban kemudian ditemukan keesokan harinya, atau Jumat (6/1/2023). Saat itu warga berinisiatif membersihkan sampah yang terbawa arus banjir. Pada saat hendak membersihkan sampah, warga kemudian menemukan motor yang diduga milik korban sudah berada di bawah jembatan.

Melihat kondisi tersebut, kemudian warga berinisiatif mencari keberadaan korban selaku pemilik motor yang kemungkinan terbawa arus banjir.

Setelah dilakukan pencarian, korban akhirnya ditemukan dalam kondisi tak bernyawa di lokasi kurang lebih 400 meter dari penemuan sepeda motor pada pukul 08.00 WIB. Selanjutnya korban dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan dan dimakamkan.

Sementara itu, beberapa laporan yang dihimpun dari Pusdalops BPBD Kabupaten Grobogan, beberapa titik di wilayah Kabupaten Grobogan masih terendam banjir.

Adapun banjir kembali merendam wilayah Desa Karanganyar, Kecamatan Purwodadi. Banjir tersebut berasal dari limpasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Lusi yang kembali mengalami kenaikan elevasi hinga 9.50 meter atau berada dalam status ‘Siaga’.

Di lingkungan Soponyono RW 16, banjir masih menggenangi 20 rumah dengan tinggi muka air (TMA) kurang lebih 20 sentimeter. Selain itu jalan penghubung Desa Kedungrejo dan Desa Karanganyar juga masih terendam sepanjang 15 meter dengan TMA 20 sentimeter.

Banjir juga masih merendam 10 rumah di Desa Bologarang, Kecamatan Penawangan. Kemudian Dusun Ngampel dan Dusun Ngasinan di Desa Mayahan, Kecamatan Tawangharjo juga masih terendam banjir dengan TMA antara 60-90 sentimeter.

Di samping itu, BPBD Kabupaten Grobogan melaporkan beberapa kejadian bencana yang dipicu oleh cuaca ekstrem meliputi; fenomena hujan disertai angin kencang yang merobohkan sebuah rumah di Desa Mayahan. Satu rumah warga mengalami rusak ringan setelah tertimpa pohon yang roboh diterjang angin kencang di Desa Gedangan, Kecamatan Wirosari.

Bahu jalan penghubung Dusun Sendangsuro dan Dusun Peting dilaporkan mengalami longsor sepanjang 28 meter dengan lebar 20 meter dan kedalaman 5 meter. Selain itu, ada satu rumah warga yang berada di bantaran Sungai Lusi terancam tanah longsor. Saat ini pemilik rumah sudah mengungsi di rumah orang tuanya dan rumahnya akan dibongkar dan direlokasi.

Curah hujan di wilayah Kabupaten Grobogan dan sekitarnya dilaporkan masih tinggi dan terjadi sejak satu pekan terakhir. Kondisi itu masih berpeluang terjadi hingga Sabtu (7/1), sebagaimana menurut informasi prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Sebagai antisipasi adanya banjir susulan yang dapat dipicu oleh cuaca ekstrem sehingga menyebabkan luapan Sungai Lusi, warga bergotong royong membuat tanggul buatan dari kantong berisi tanah dan pasir.

BPBD Kabupaten Grobogan juga terus memonitor perkembangan banjir dan cuaca di lapangan bersama unsur terkait dan pemerintah desa setempat. Selain itu, BPBD Kabupaten Grobogan juga terus melakukan pendampingan kepada seluruh kepala desa untuk bersama-sama melaporkan kejadian dan memberikan pelayanan terbaik kepada warga terdampak melalui jejaring sosial.

Upaya seperti pemantauan kondisi sungai, pembersihan sampah maupun material lain yang dapat menyumbat aliran air, monitoring kondisi tanggul, jalan dan jembatan hingga pemantauan debit air saat terjadi hujan lebat terus dilakukan bersama unsur forkompinda terkait. Aris Arianto

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com