JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Bisa Sembuh Sendiri, Ini Cara Mengobati Sariawan

Ilustrasi bibir sariawan. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Sariawan bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Sariawan merupakan bisul kecil di dalam mulut yang bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam waktu 7-10 hari.

Meski bisa sembuh sendiri dan tidak menular, sariawan kadang mengganggu aktivitas seseorang. Ada beberapa cara untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Dilansir dari Medical News Today, berikut cara mengobati sariawan secara mudah:

1. Menggunakan obat kumur

Membilas mulut dengan obat kumur OTC dapat membantu seseorang menjaga kebersihan area dan menghilangkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Seseorang harus memilih obat kumur dengan sifat antiseptik. Ini dapat membantu mencegah infeksi dan mematikan sensasi nyeri di dalam mulut.

2. Kumur dengan garam

Orang mungkin memilih untuk menggunakan alternatif alami, seperti larutan garam untuk mempercepat penyembuhan. Membilas mulut dengan larutan garam sebaiknya tidak menggantikan penggunaan obat kumur jika gejalanya sudah tidak nyaman. Namun, ini dapat membantu menjaga kebersihan mulut.

Baca Juga :  Madu Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Bermanfaat Sebagai Pengikat Energi Selama Puasa

3. Menjaga kebersihan gigi dengan sikat halus

Menjaga mulut dan berhati-hati agar tidak merusak sariawan dapat mempercepat proses penyembuhan. Menggunakan sikat gigi yang lembut dapat membantu mencegah sariawan yang mengiritasi. Menjaga kebersihan mulut yang baik dengan menjaga kebersihan gigi dan gusi dapat mencegahnya berkembang menjadi infeksi.

4. Mengonsumsi suplemen vitamin B-12

Vitamin B-12 adalah vitamin esensial yang mendukung fungsi otak dan sistem saraf. Ini juga memainkan peran penting dalam menciptakan sel darah merah. Mengonsumsi suplemen vitamin B-12 secara signifikan mengurangi nyeri sariawan.

Baca Juga :  Meski Bermanfaat untuk Tubuh Tapi Konsumsi Garam Ada Batasannya

5. Minum teh chamomile dengan madu

Orang telah menggunakan chamomile dan madu untuk berbagai alasan kesehatan. Penggunaannya dalam membantu orang mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat sariawan.

Chamomile mungkin memiliki sifat anti-inflamasi. Seseorang dapat menggunakan chamomile sebagai obat sariawan dengan menyeduh teh chamomile yang kuat dan menggunakannya untuk membilas mulut setelah dingin.

6. Menghindari makanan tertentu

Seseorang dengan sariawan harus menghindari makan makanan yang sangat pedas, asin, atau asam. Ini dapat mengiritasi bisul dan memperlambat penyembuhan. Minuman panas dan makanan dengan pinggiran yang kasar, seperti sepotong roti bakar, juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan.

7. Menggunakan lidah buaya

Menempelkan gel lidah buaya langsung ke sariawan dapat membantu menenangkan iritasi serta mengurangi rasa sakit dan peradangan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com