JOGLOSEMARNEWS.COM Umum

Mengapa Kucing yang Dibuang Bisa Kembali Pulang? Ini Penjelasannya

ilustrasi Kucing. Pixabay
   

JOGLOSEMARNEWS.COM Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang banyak dipelihara orang. Tidak hanya dikasih makan dan minum yang cukup, pemilik kucing biasanya juga akan selalu memperhatikan kesehatan dan kebersihan kucing.

Kucing peliharaan dapat menghilang secara tiba-tiba karena berbagai faktor. Contoh yang paling umum adalah dibuang oleh orang lain tersesat saat musim kawin, dan dicuri orang tidak bertanggung jawab.

Saat dicari kesana-kemari tidak ketemu, seringkali membuat pemiliknya panik dan sedih berkepanjangan. Namun, dalam beberapa kasus kucing dapat menemukan jalan pulang dengan sendirinya. Mengapa demikian?

Mengutip Pet MD, kebanyakan kucing memiliki kemampuan khusus yang disebut insting pulang. Firasat yang mereka gunakan untuk menemukan jalan pulang ke rumahnya.

Baca Juga :  Mengapa Kucing Takut Air?

Namun, tidak diketahui secara pasti bagaimana cara kerja insting pulang dari kucing ini. Ada klaim yang mengatakan bahwa kucing dapat menggunakan medan geomagnetik bumi. Yang mana ini mereka padukan dengan isyarat aroma yang memandu mereka pulang ke rumah.

Eksperimen yang dilakukan pada 1954 menempatkan kucing di labirin yang sangat besar. Percobaan ini digunakan untuk melihat apakah mereka dapat keluar dari labirin dan pulang.

Hasilnya, sebagian besar kucing mampu keluar dari labirin di area yang paling dekat dengan lokasi rumah mereka. Selain menandai aroma, beberapa kucing diklaim memiliki naluri kuat mengenai jalan pulang ke rumahnya.

Baca Juga :  Mengapa Kucing Takut Air?

Menurut proyek Lost Pet Research, ketika kucing hilang tetaplah berharap mereka bisa kembali. Meskipun mereka sudah hilang selama berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, dan bahkan bertahun-tahun.
Kemungkinannya mereka sedang berusaha menemukan jalan untuk pulang.

Sebab, ada laporan menunjukkan bahwa kucing mampu berpergian sejauh 80-128 ribu kilometer dalam 2,5 tahun, 61 ribu kilometer dalam 6 bulan, 48 ribu kilometer selama 21 hari, dan 32 ribu kilometer dalam 10 hari.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com