JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Nyeri Otot Setelah Olahraga Setelah Lama Tak Melakukannya, Apakah Wajar?

Ilustrasi pegal nyeri otot sendi. Foto/istimewa
   

JOGLOSEMARNEWS.COM — Terkadang saat memulai kembali olahraga setelah sekian lama tak melakukannya, seseorang akan merasakan nyeri otot atau delayed onset muscle soreness (DOMS).

Dikutip dari Verywell Fit, kondisi nyeri otot akan mulai terasa usai seseorang melakukan aktivitas olahraga. Biasanya terasa saat satu hari setelah latihan fisik.

Nyeri otot itu cenderung makin terasa saat hari ketiga setelah berolahraga, kemudian berangsur mereda. Gejala DOMS, di antaranya kelelahan, kehilangan kekuatan otot jangka pendek, pembengkakan ringan.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

Apa itu nyeri otot DOMS?

Menurut American College of Sports Medicine, DOMS atau nyeri otot setelah olahraga sebagai respons normal terhadap aktivitas yang tidak biasa. Ini tidak sama dengan nyeri otot yang dialami saat cedera. DOMS bagian dari proses adaptasi pemulihan otot saat mengalami hipertrofi atau peningkatan ukuran otot.

Seseorang yang mengalami DOMS tidak perlu khawatir, sebab biasanya akan sembuh sendiri. Tapi, apabila gejala DOMS menjadi lebih buruk disertai pembengkakan parah sebaiknya dibawa ke dokter untuk memastikan penyebab nyeri.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

DOMS biasanya berangsur pulih dengan sendirinya setelah beberapa hari. Namun, selama rentang waktu tersebut membuat kinerja atau gerak otot berkurang yang mengganggu aktivitas sehari-hari.

Mengutip Physiopedia, ada beberapa bukti obat antiinflamasi, terapi pijat, kompresi, istirahat cukup, dan beberapa suplemen mengurangi DOMS. Tapi, disarankan untuk berolahraga dengan intensitas ringan dulu, supaya nyeri otot setelah olahraga bisa diminimalkan risikonya.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com