JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pasca Pencabutan PPKM, Sektor Pariwisata Ditarget Ciptakan 4,4 Juta Lapangan Kerja Baru

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno / Youtube Sekretriat Kabinet RI
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pasca  dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per Desember 2022, aktivitas ekonomi Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan.

Fenomena ini terlihat dari tingkat hunian kamar yang melonjak hingga menembus angka 100 persen.

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno usai mengikuti Rapat Terbatas bersama Presiden di Kantor Presiden Jakarta, Senin (30/1/2023).

“Saya hanya menambahkan bahwa tadi Bapak Presiden meminta laporan setelah satu bulan PPKM dihentikan, maka aktivitas ekonomi khususnya di pariwisata dan ekonomi kreatif meningkat secara signifikan dengan tingkat hunian kamar mencapai angka 80 sampai 90 persen di beberapa destinasi dan untuk destinasi favorit, Bandung, Yogyakarta, dan Bali malah mencapai angka 100 persen,” ujar Sandiaga Salahuddin Uno dalam Keterangan Pers dilansir dari Youtube Sekretariat Kabinet RI, Selasa (31/1/2023).

Baca Juga :  Jokowi Disebut Cawe-cawe Soal Kabinet Prabowo, Habiburokhman: Saya Saja Boleh Usulkan Nama?

Selain itu, dalam rapat terbatas tersebut, pemerintah optimistis target jumlah kunjungan wisawatan mancanegara yang dinaikkan secara signifikan tahun 2023 bisa tercapai dengan didukung beberapa kebijakan, salah satunya dengan peningkatan jumlah penerbangan.

Dalam keterangannya, Sandiaga juga menyebutkan bahwa ia mendapatkan arahan dari Presiden Jokowi untuk mempercepat pembangunan di KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) pariwisata sehingga dapat menciptakan peluang usaha dan lapangan pekerjaan.

Dalam hal ini, Presiden Joko Widodo menargetkan penciptaan lapangan kerja baru di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat tumbuh hingga 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024.

Terkait itu, Sandiaga sangat optimis mampu mencapai target tersebut. Diantaranya dengan mengedepankan sejumlah program unggulan, seperti pemberdayaan UMKM atau usaha mikro, kecil, dan menengah, kemudian desa wisata, serta desa kreatif.

Baca Juga :  Sidang Gugatan Pilpres 2024 di MK, Bawaslu Akui Terima Laporan Jokowi Bagi Bansos di Dekat Spanduk Prabowo-Gibran

“Target penciptaan lapangan kerja dengan beberapa program unggulan, seperti pemberdayaan UMKM dan desa wsiata, dan desa kreatif, kita harapkan bisa tercapai target 2024 penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru dan berkualitas,” tutur Sandiaga Uno.

Lebih lanjut, mantan wagub DKI Jakarta ini mengungkapkan bahwa pemerintah juga akan memberikan kemudahan penyelenggaraan berbagai kegiatan. Hal ini diharapkan dapat memicu kegiatan MICE (meetings, incentives, conventions, and exhibitions), musik, hingga olahraga serta mendorong peningkatan kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun domestik.

“Ada juga deregulasi atau kemudahan dari segi penyelenggaraan event yang diharapkan bisa memicu kegiatan MICE, juga kegiatan event berbasis musik, berbasis olahraga, yang diharapkan bisa mendorong terciptanya wisatawan mancanegara kunjungannya 7,4 juta di batas atas dan pergerakan wisata nusantara di angka 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara,” tambahnya. Wahyu Fajar Lestari

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com