JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

Persiapan Ngunduh Mantu Ilyas Akbar Almadani Selesai 100%. Sehari Usai Resepsi, Giliran Dalang Ki Warseno Slenk Beraksi

Ketua DPD Partai Golkar Karanganyar, Ilyas Akbar Almadani / Foto: Beni Indra
   

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM – Persiapan tiga hari menjelang acara ngunduh mantu Ilyas Akbar Almadani dengan Putri Rifqi Marindatama di Gedung Kebudayaan Karanganyar (GKK) pada 7 Januari 2023 sudah 100% selesai.

Bahkan, untuk acara tasyakuran yang akan digelar sehari setelah resepsi, yakni 8 Januari berupa pentas wayang kulit sudah siap.

Pertunjukan wayang kulit dengan lakon Batara Wisnu Rabi dan terbuka bagi masyarakat Karanganyar untuk menonton itu, bakal dibawakan oleh dalang Dr Ki Warseno Slenk.

Selain itu, juga dihadirkan bintang tamu Cak Andik, Cak Yudo serta suguhan kesenian rakyat Lesung Jumengglung dari Mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani.

Selain itu, guna menyemarakkan acara, panitia menyediakan makan minum gratis ala pesta rakyat sambil nonton wayang kulit semalam suntuk.

Terdapat 15 stand makanan rakyat yang akan disiapkan secara gratis untuk warga masyarakat yang menonton wayang.

“Sehari setelah resepsi atau sehari berikutnya digelar pentas wayang kulit digelar terbuka umum sebagai wujud rasa syukur kami,” ungkap Ilyas Akbar Almadani kepada  JOGLOSEMARNEWS.COM , Rabu (4/1/2022).

Sementara itu terkait komposisi acara adat pada ngunduh mantu tersebut Pria yang disapa Ilyas itu  menjelaskan untuk resepsi siang menggunakan adat Jawa sedangkan untuk resepsi malam hari menggunakan adat Minangkabau.

Dengan demikian semua persiapan pakaian adat Minangkabau terpaksa harus membeli karena untuk sewa agak susah didapatkan.

Adapun untuk acara inti resepsi ngunduh mantu tersebut konsep adat  Jawa pada siang hari  menggunakan kirab dengan cucuk lampah oleh mantan Bupati Wonogiri, Tjuk Susilo.

Adapun acara resepsi yang  malam hari memakai pakaian adat Minang dengan songket model Koto gadang.

“Ya intinya perpaduan adat Jawa dan Minangkabau hingga menu makanan untuk malam hari juga serba Minangkabau,” tandas Ilyas.

Apalagi, Ilyas sudah dimasukkan warga Minang dengan marga Tandjung seperti Pak Akbar Tandjung, sedang istri marga Djambak. Untuk gelarnya Ilyas  memperoleh gelar Sutang Palito Alam.

Sebagai informasi, acara ngunduh mantu Ilyas menghadirkan dua artis nasional yakni Anang-Ashanti dan Pasha Ungu untuk menghibur tamu. Beni Indra

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com