JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Seputar Fakta dan Mitos Buah Durian

Durian Gempolan. Foto/Wardoyo
   

daktaJOGLOSEMARNEWS.COM Buah durian merupakan buah buah daerah tropis yang memiliki aroma dan rasa yang sangat khas. Dan karena kelezatannya, buah durian dijuluki sebagai raja buah.

Bagi orang yang suka durian, mencium harumnya saja langsung ingin mencobanya, tetapi sebaliknya, orang yang tidak menyukaia akan menolaknya.

Meski terkenal lezat, perlu Anda ketahui ada banyak kabar yang beredar mengenai buah durian. Ada banyak yang mengatakan bahwa durian harus dimakan bersama dengan manggis, atau jika durian dikonsumsi bersama soda maka akan menyebabkan kematian. Jadi, apakah kabar dan mitos tersebut benar?

Fakta seputar buah durian, mengutip Healthxchange.sg berikut fakta-fakta dari buah durian yang harus Anda ketahui.

1. Durian bisa menyebabkan kenaikan berat badan

Durian rata-rata memiliki ukuran yang besar dengan berat mencapai satu kilogram. Dan dalam satu buah durian bisa mengandung hingga 1.350 kalori. Sehingga jika makan satu buah durian bisa menghasilkan 68 persen dari 2.000 kalori harian. Sehingga akan direkomendasikan bagi orang dewasa untuk memakan hanya satu biji durian.

Baca Juga :  Cegah Microsleep dengan 5 Minuman Ini

2. Kaya Nutrisi

Buah durian kaya akan nutrisi, mulai dari zat besi, vitamin C, dan vitamin B kompleks. Sehingga sang raja buah ini memiliki banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan kekuatan otot dan tekanan darah, serta baik untuk kesehatan kulit. Selain itu juga mendukung sistem saraf sehingga dapat meningkatkan pembentukan sel darah merah.

3. Tidak untuk penderita diabetes

Buah durian mengandung gula sederhana yang tinggi seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa sehingga bagi penderita diabetes sangat disarankan untuk membatasi konsumsi buah durian.

4. Durian ada penyemangat

Kandungan karbohidrat yang tinggi membuat durian bisa membantu mengisi energi. Selain itu, potasium dalam buah durian dapat membantu mengurangi kelelahan dan menghilangkan stres dan kecemasan.

Baca Juga :  Keseringan dan Terlalu Lama Main Gawai Bisa Picu Saraf Kejepit, Lho!

5. Durian tidak sarat kolesterol

Banyak yang beranggapan bahwa buah durian akan menyebabkan kolesterol. Namun nyatanya, durian adalah buah nol kolesterol dan emiliki lemak tak jenuh yang bahkan baik bagi kesehatan jantung dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

6. Tidak harus dimakan dengan manggis

Durian adalah buah yang panas dan manggis adalah buah yang dingin, namun bukan berarti mereka harus dimakan berbarengan untuk penyeimbang. Karena pada kenyataanya kedua buah ini panen pada waktu yang bersamaan, sehingga munculah kebiasaan setelah makan durian harus makan manggis.

7. Durian dan bir tidak mematikan

Tidak ada bukti ilmiah yang menujukkan bahwa mengonsumsi durian bersamaan dengan bir akan menyebabkan kematian. Namun kombinasi dari keduanya cenderung akan berakibat pada gangguan pencernaan dan ketidaknyamanan karena hati harus bekerja ekstra untuk memetabolisme lemak dan gula dalam durian dan bir, apalagi dalam jumlah yang berlebihan.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com